Wakil Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Said Idrus Al-Habsy menyebut, program pembangunan yang dijalankan pemerintah daerah sesuai dengan skala prioritas karena keterbatasan anggaran.
 
"Pembangunan yang dilakukan Pemkab Banjar sesuai skala prioritas termasuk pembangunan di wilayah Kecamatan Martapura," ujar wabup usai membuka Musrenbang tingkat Kecamatan Martapura, Rabu.

Baca juga: Bupati dan wabup kunjungi posko pengamanan Nataru
 
Ia mengatakan, pembangunan yang dilaksanakan di ibukota Kabupaten Banjar itu dialokasikan sesuai skala prioritas karena anggaran terbatas sehingga harus benar-benar dipilih sesuai kepentingannya.
 
Menurut dia, selain skala prioritas, pembangunan diawali usulan yang disampaikan masyarakat berjenjang mulai dari desa atau kelurahan lalu ke tingkat kecamatan hingga masuk pada musrenbang kabupaten.
 
"Perencanaan tingkat kabupaten yang akan menjadi penentu program sesuai skala prioritas sehingga apa yang dilaksanakan sesuai usulan masyarakat disesuaikan dengan kepentingannya," ucap dia.
 
Disebutkan, usulan kegiatan yang disampaikan masyarakat dari 26 desa dan kelurahan di Kecamatan Martapura diketahui sebanyak 465 usulan yang akan dibahas di tingkat musrenbang kecamatan.
 
"Harapan kami, ratusan usulan dari masyarakat itu dipilih sesuai skala prioritas sehingga pembangunan yang dilaksanakan sesuai harapan dan kebutuhan masyarakat yang mengusulkan," ungkapnya.

Baca juga: Cegah AIDS Wabup minta orang tua awasi pergaulan remaja
 
Diharapkan, pembangunan yang dilaksanakan di Martapura berjalan dengan baik dan lancar, sehingga Kabupaten Banjar lebih maju sesuai visi dan misinya Maju, Mandiri dan Agamis (Manis).
 
Camat Martapura Muhammad Ramli mengatakan, usulan dari desa dan kelurahan merupakan prioritas dan disinkronkan dengan perencanaan kabupaten sehingga bisa bersinergi dan dapat terakomodir dengan baik.
 
"Usulan yang dibahas paling banyak di Dinas PUPRP, baik sarana dan prasarana jalan, saluran dan lain-lain, juga satuan kerja perangkat daerah seperti Dishub, BPBD maupun dinas lainnya," kata dia.
 
Dikatakan, musrenbang kecamatan dihadiri anggota DPRD khususnya berasal dari dapil 1 Martapura dan diharapkan wakil rakyat mengawal sehingga bisa terealisasi sesuai harapan masyarakat.
 
Baca juga: Galeri Foto - Wabup musnahkan 7.494 arsip di Depo Arsip Martapura
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023