Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan Sukamta berharap, dengan terbangunnya pabrik minyak makan merah, maka tidak akan terjadi lagi krisis minyak goreng di masyarakat.

"Proses inflasi bisa dikendalikan dengan adanya suplai minyak makan merah," ujar Sukamta saat acara peresmian pabrik CPO dan peletakan batu pertama pembangunan pabrik minyak makan merah di Desa Tajau Mulya, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Selasa. 

Menurut dia, terbangunnya pabrik minyak makan merah di Tanah Laut merupakan salah satu wujud nyata keberpihakan pemerintah kepada rakyat sebagai salah satu penghasil buah sawit yang melimpah di Kalimantan Selatan.

"Saya merasa sudah saatnya Tanah Laut punya pabrik pengolahan  minyak kelapa sawit  sendiri sebagai salah satu program hilirisasi  produksi kelapa sawit," ungkapnya.

Dia mengucapkan terimakasih kepada Menteri Kopersi dan UMKM telah membangunkan pabrik minyak makan merah di Kabupaten Tanah Laut, karena sangat bermanfaat dan sangat dihajatkan oleh seluruh masyarakat di daerah tersebut.

"Kami juga berterima kasih di saat krisis kemarin adanya COVID-19 bapak Menteri Koperasi dan UMKM memberikan bantuan dari presiden untuk UMKM di Tanah Laut dalam jumlah yang sangat besar sekitar Rp88 miliar," ungkapnya.

Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar mengatakan, pembangunan pabrik minyak makan merah bisa menjadi salah satu solusi bagi petani sawit dan berpotensi untuk perkembangan pendapatan bagi petani sawit.

"Kalimantan Selatan memiliki potensi besar dalam pengembangan kelapa sawit dengan luasan 427.616 hektare , baik dikembangkan perusahaan besar swasta, negara maupun perkebunan rakyat," terangnya.

Dengan potensi tersebut, papar dia, Kalimantan Selatan dapat diharapkan memberikan kontribusi bagi peningkatan perekonomian nasional.

"Tidak hanya itu, Kalimantan Selatan juga memiliki keunggulan dalam sumber daya manusia terampil dan profesional dalam bidang perkebunan kelapa sawit," paparnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, berbagai pendidikan dan pelatihan telah dan akan terus dijalankan untuk peningkatan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia  di bidang perkebunan.      

"Dengan diresmikan pabrik CPO dan dimulainya pembangunan pabrik minyak makan merah yang diinisiasi Koperasi Sawit Makmur dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Tanah Laut serta Menteri Koperasi dan UMKM  diharapkan daya saing dan kesejahteraan  para petani sawit di Kalimantan Selatan  akan semakin meningkat," tandasnya.
 

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023