Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin menegur anggotanya yang tidak merawat senjata api (Senpi) dan kendaraan bermotor (ranmor) roda dua serta roda empat dinas saat dilakukan pemeriksaan di Mapolres Balangan, Kalimantan Selatan.

"Kami langsung tegur anggota pemegang senpi dinas maupun ranmor dinas, yang ditemukan tidak melakukan perawatan terhadap barang dinas tersebut," kata kapolres di Paringin, Selasa.

Baca juga: Kapolres Balangan apresiasi personel berprestasi dengan pemberian penghargaan

Dia menambahkan, pengecekan ini juga bertujuan sebagai bentuk kedisiplinan anggota terhadap penggunaan senpi dan kendaraan dinas agar dapat dipelihara, dijaga serta dirawat dengan sebaik mungkin.

Sehingga sewaktu digunakan, dapat berfungsi dengan baik selain itu juga bertujuan mencegah penyalahgunaan senpi dinas dan ranmor dinas yang dipegang oleh personel Polres Balangan sendiri.

“Khusus senjata api, pemeriksaan ini sifatnya pengawasan dan pengendalian, tujuan yang utama adalah mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan senjata api dan amunisi oleh anggota Polri, khususnya anggota Polres Balangan serta polsek jajaran," ujar Kapolres Balangan.

Baca juga: Kapolres Balangan dinobatkan jadi warga kehormatan Dayak Halong

Kapolres menegaskan, agar merawat barang dinas dengan baik sehingga bisa menambah masa usia pakai, bagi personel yang menggunakan ranmor dinas bila mengalami kerusakan agar diajukan untuk mendapat perawatan dari dinas.

Diketahui, pemeriksaan tersebut dilaksanakan setelah pelaksanaan apel pemberian penghargaan kepada personel berprestasi dengan sasaran pemeriksaan yaitu kelengkapan administrasi senpi dinas, pemeriksaan kondisi kebersihan fisik senpi serta pemeriksaan administrasi ranmor dinas baik R2 dan R4 pemeriksaan kelengkapan fisik ranmor dinas.

Selain oleh Kapolres Balangan, pemeriksaan juga dilakukan secara teliti oleh Wakapolres Kompol Dany Sulistiono, Kabag Log AKP Fadillah, para Kabag, Kasat, Kasi serta Kapolsek jajaran Polres Balangan.

Baca juga: Polres Balangan ungkap sejumlah kasus awali 2023

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023