Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arsyad menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2, di Desa Amawang Kiri Kecamatan Kandangan.

Ketua OSIS MAN 2 HSS, Rehana, di Kandangan, Kamis (26/1), mengatakan rangkaian kegiatan ini telah dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut.

"Dua hari rangkaian lomba eksternal maupun internal, dan hari ini merupakan hari puncak HUT ke-31 MAN 2 HSS," katanya yang juga merupakan ketua pelaksana kegiatan.

Kepala MAN 2 HSS, H. Muhammad Amin, mengatakan sejarah MAN 2 HSS yang berawal dari Sekolah PGA Swasta yang didirikan masyarakat Islam HSS, dalam hal ini oleh Yayasan Pendidikan dan Penyiaran Islam Kandangan pada sekitar tahun 1955 atau 1956.

Baca juga: Wabup HSS hadiri rakornas kepala daerah di Sentul

Dijelaskan dia, di tahun 1973 berubah status menjadi negeri dan menjadi PGAN Kandangan, lalu tahun 1992 PGAN Kandangan berubah menjadi MAN 2 Kandangan.

"Kemudian, nama lembaga pendidikan kita ini pada tahun 2016 berubah lagi, menjadi MAN 2 HSS hingga sekarang," katanya.

Adapun, Kepala Kantor Kemenag HSS, H. Muhammad Yamani, berpesan agar acara ini bisa menjadi evaluasi bagi MAN 2 HSS, serta berharap agar madrasah ini terus berkembang, tidak hanya menghasilkan alumni yang hebat, juga semakin dikenal oleh masyarakat.

Wabup HSS, Syamsuri Arsyad, mengatakan di tengah persaingan dunia pendidikan saat ini, pendidikan berbasis keagamaan menjadi sebuah alternatif, dan kebanyakan dijadikan sebagai prioritas bagi para orang tua murid.

"Di zaman persaingan yang semakin berat ini, selain keagamaan juga sangat kita perlukan penguasaan teknologi informatika dan entrepreneurship," katanya.

Baca juga: DHC 45 gelar kemah pemuda di Tanuhi

Menurut dia, para siswa agar bisa menguasai teknologi, menumbuhkan jiwa berwirausaha untuk survive dengan keadaan sekarang, dan jangan malu untuk bekerja.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan kue, lalu penyerahan hadiah pemenang berbagai Lomba HUT Ke-31 MAN 2 HSS.

Selesai acara wabup bersama para tamu undangan menyempatkan diri mengunjungi stand bazaar, yang diadakan oleh para siswa siswi MAN 2 HSS.

Turut hadir, Camat Kalumpang, Camat Telaga Langsat, Camat Sungai Raya, Camat Kandangan yang semuanya merupakan Alumni MAN 2 Kandangan, perangkat Desa Amawang Kiri Muka, dan para dewan guru beserta para staf MAN 2 HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023