Arus balik pemudik yang berlebaran  bersama keluarga di kampung halaman melalui terminal induk Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan baru terjadi pada H+3 Lebaran.

Pantauan Kamis, suasana terminal induk yang terletak di Jalan A Yani Km6 dan Jalan Pramuka Banjarmasin tersebut kelihatannya masih agak lengang atau tidak seramai beberapa hari lalu saat menjelang lebaran Idul Fitri 1432 H.


Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Teminal Induk Km6 Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kota Banjarmasin M Yusuf ketika ditemui, mengaku, arus balik melalui terminal tersebut, belum terlihat pada H+1.


Pasalnya, menurut dia, masa liburan masih panjang atau beberapa hari lagi, sehingga pemudik memuas-muaskan diri berlebaran bersama sanak keluarga dan handai taulan di kampung halaman.


Ia memperkirakan, arus balik yang melalui terminal induk Banjarmasin mulai terlihat pada H+2 dan puncaknya H+3 dan H+4 (Sabtu dan Minggu).


"Sebab, Senin 5 September 2011 atau H+5 pegawai sudah harus masuk kerja, baik yang bekerja di pemerintahan maupun swasta atau sektor usaha lain," ujarnya.


Begitu pula para pelajar dan mahasiswa, 5 September 2011 mulai kegiatan belajar atau perkuliahan kembali, lanjutnya menjawab ANTARA Banjarmasin.


"Walau perkiraan puncak arus balik pada H+3 dan H+4, petugas terminal induk Banjarmasin bekerjasama dengan berbagai pihak terkait, siap mengantisipasi," demikian M Yusuf.


Berdasar data UPTD Terminal Induk Banjarmasin, lonjakan penumpang yang melalui terminal tersebut pada H-4 Idul Fitri 1432 H, mencapai 11 ribu orang.


Kemudian pada H-3 penumpang lewat terminal induk Banjarmasin sekitar sembilan ribu orang dan hari-hari berikut mulai sepi, bahkan saat pelaksanaan lebaran atau hari "H" 31 Agustus 2011 banyak mobil menganggur karena ketiadaan angkutan./her/B

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011