Pemerintah Kota Banjarmasin, Kepolisian Resort Kota Banjarmasin dan Kodim 1007 Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan apel kesiapan pengamanan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh 2023.
 
Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina saat memimpin apel yang dilaksanakan di depan Pos Induk Polresta Banjarmasin di Jalan A Yani KM 2, Sabtu menyampaikan Imlek 2574 yang jatuh pada 22 Januari 2023 adalah momen penting bagi warga Tionghoa yang sudah membudaya dalam masyarakat dan Bangsa Indonesia.

Baca juga: Banjarmasin siaga pengamanan Imlek dan Cap Go Meh 2023
 
"Setiap tahun dirayakan tahun baru ini, baik berupa ibadah dan lainnya, di kelenteng, Vihara dan pertunjukan barongsai," ujarnya.
 
Dinyatakan dia, kegiatan tersebut mempengaruhi mobilitas masyarakat yang bisa mengakibatkan kemacetan lalu lintas dan kerawanan lainnya, ketika masyarakat berkumpul di titik tertentu dan mendapat perhatian tertentu untuk perayaannya.
 
"Sehingga perlu diantisipasi, sehingga semua berjalan lancar dan aman," ucap Ibnu Sina.
 
Oleh karena itu, lanjutnya, untuk mengantisipasi dan menanggulangi segala kerawanan tersebut, perlu dirumuskan cara bertindak yang tepat dan dilaksanakan dengan baik oleh kepolisian, beserta aparat terkait lainnya.
 
"Sehingga keamanan dan kelancaran lalulintas dapat dilakukan," ujar Ibnu.
 
Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana A. Martosumito menyatakan pengalaman malam Imlek hingga perayaan Cap Go Meh selesai dilakukan secara maksimal.

Baca juga: Polresta Banjarmasin siagakan 550 personel amankan perayaan Imlek
 
Menurut dia, untuk titik pengalaman baik ketertiban arus lalu lintas dan pengalaman ancaman lainnya dimaksimalkan pada tiga titik tempat ibadah, yakni Kelenteng Soetji Noerani yang terletak di pertigaan Jalan Piere Tendean-Veteran dan Jembatan Merdeka.
 
Selanjutnya, Kelenteng Po An Kiong di kawasan Pasar Cempaka dan Pasar Niaga, tepatnya di pertigaan Jalan Niaga dan Jalan Brigjend Katamso.
 
Kemudian Vihara An Hwa Tiam di Jalan RE Martadinata, Kertak Baru Ilir, Kecamatan Banjarmasin Tengah.
 
"Kita sudah dapat mengamankan dengan baik malam Natal dan tahun baru, ini harus berhasil dengan baik pula," tutur Sabana.
 
Sementara itu, Komandan Kodim 1007/Banjarmasin Kolonel Inf Ilham Yunus menyampaikan sebagai tugas rutinitas, tetapi untuk perayaan Imlek dan Cap Go Meh ini, pengamanan harus ditingkatkan.
 
"Kita harus bisa menjamin keamanan masyarakat Kota Banjarmasin dalam melaksanakan perayaan Imlek dan Cap Go Meh ini," ungkap Ilham.

Baca juga: Penjualan pernak pernik Imlek 2023 laris manis di Banjarmasin

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023