Kabupaten Barito Utara berhasil meju ke tibgkat provibsi Kalimantan Selatan dalam lomba olah raga tradisional balogo.

 Ketua Komite Olahraga Rekreasi Indonesia (KORMI) Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan Akhmad Wahyuni mengatakan, Lomba Balogo Perorangan Lokal sebagai seleksi bagi para pemenang yang akan mewakili Batola pada Lomba Balogo tingkat Provinsi Kalsel pada tanggal 28 hingga 29 Januari 2023. 

"Pemenang  menempati urutan pertama hingga 45 berhak diikutkan mewakili Batola. Mengingat dalam ajang Lomba Balogo se-Kalsel nantinya kabupaten/kota boleh mendaftarkan 15 group yang masing-masing beranggota tiga orang," ujarnya, disela-sela Lomba Balogo Perorangan Lokal, di GOR Setara Marabahan, Kamis (19/01/2023), 

Menurut dia, Lomba Balogo Perorangan Lokal tersebut merupakan rangkaian dari lomba tradisional bakiak, enggrang, lari balok, sumpit dan ketapel yang diselenggarakan KORMI Batola bersama Disporbudpar Batola,  (Rabu, 18/01/2023),  di Lapangan 5 Desember Marabahan. 

“Kami berharap melalui lomba ini selain untuk memeriahkan Peringatan Hari Jadi ke-63 Kabupaten Barito Kuala juga dalam rangka memasyarakatkan jenis olahraga tradisional agar masyarakat kembali mengenal dan mempraktekannya sehingga dapat memacu kebugaran dan kegembiraan mereka,” harapnya.

Kegiatan tersebut terselenggara, sebut dia, atas kerjasama  KORMI dengan  Disporbudpar Batola dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Kabupaten Barito Kuala (Batola).

"Lomba ini sekaligus seleksi dalam rangka mengikuti Lomba Balogo se-Kalsel  berlangsung Sabtu dan Minggu (28-29 Januari 2023)," terangnya.

Dari lomba tersebut, papar dia, berhasil sebagai juara I Saubari dari Desa Lepasan, juara II Mustafa dari Desa Banua Anyar, juara III Hamdi (Lepasan), juara IV Latif (Handil Bakti), juara V Hairullah (Kelurahan Marabahan Kota), dan juara VI Ramadani (Lepasan). 

Lomba Balogo Perongan Lokal tersebut, tambahnya,  mendapat sambutan antusias masyarakat. 

"Peserta mengikuti lomba ini berjumlah 110 orang. Banyaknya peserta yang turut ambil bagian sehingga panitia membagi empat pool permainan terdiri dari pool A, B, C, dan D," ungkapnya. 

Pemenang yang menempati ranking 1 hingga 45, tambahnya lagi, berhak mewakili Batola pada ajang Lomba Balogo se-Kalsel. 

"Dalam pertandingan nantinya kabupaten/kota boleh mendaftarkan 15 group masing-masing beranggota tiga orang," demikian tutupnya.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023