Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, memulangkan wanita lanjut usia (lansia) asal Kabupaten Kotabaru yang terlantar di Kelurahan Tungkaran Pangeran Kecamatan Simpang Empat.

"Lansia tersebut adalah nenek Martun, kini yang bersangkutan kami pulangkan kepada anaknya angkatnya di Kabupaten Kotabaru," kata Kabid Rehabilitasi Sosial pada Dinsos Tanah Bumbu Maulidah, di Batulicin Kamis.

Ia menjelaskan, nenek Martun sebelumnya sempat sakit dan dilakukan perawatan di Rumah Sakit Marina Permata.

Setelah menjalani perawatan dan dinyatakan sehat oleh petugas kesehatan, pada 13 Januari 2023 nenek Martun dibawa ke Rumah Singgah As-Shifa milik Dinas Sosial Tanah Bumbu untuk dilakukan pendataan dan melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Kotabaru.

"Pada 18 Januari 2023 yang bersangkutan sudah kami serahkan kepada anak angkatnya yang di dampingi petuga dari Dinsos Kotabaru," jelas Maulidah.

Sebelumnya pihak Dinsos Tanbu juga melakukan koordinasi dengan Panti Sosial Tresna Werda Banjarbaru untuk penanganan nenenk Martun namun saat ini masih terkendala masalah kuota.

"Sambil menunggu kuota di Panti Jompo, sementara waktu Nenek Martun tingal bersama anak angkatnya di Kabupaten Kotabaru," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023