Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan memasang televisi sirkuit tertutup atau Closed Circuit Television (CCTV) di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Banjarbaru 2.
 
Kepala Dinas Kominfo Banjarbaru Asep Saputra di Banjarbaru, Kamis mengatakan, pemasangan dilakukan untuk memantau situasi sekitar JPO sehingga diketahui berbagai kejadian di kawasan sekitarnya.
 
"Ada empat titik CCTV yang sudah kami pasang di area bagian dalma JPO Banjarbaru 2 dan rencananya ditambah lagi dua unit CCTV yang dipasang di bagian luar sehingga semuanya terpantau," ujarnya.
 
Ditekankan, pemasangan kamera pengawas tersebut dilakukan untuk mengetahui aktivitas di area dalam maupun luar JPO sehingga dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
 
Diketahui, setelah diresmikan Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin, Kamis (5/1), JPO yang resmi diberi nama Banjarbaru 2 digunakan oknum tidak bertanggung jawab menaikinya menggunakan roda dua.
 
"Operasional CCTV terutama bagian dalam JPO merekam aktivitas full 24 jam terintegrasi dengan Commad Center di Diskominfo Banjarbaru sehingga seluruh aktivitas terekam setiap detik," ungkapnya.
 
Diharapkan, pemasangan CCTV di JPO Banjarbaru 2 dapat dukungan penuh masyarakat sehingga bisa bersama-sama menjaga fasilitas publik yang disiapkan oleh Pemkot untuk mempermudah warganya.
 
"Sebenarnya, jika masyarakat sadar pentingnya menjaga sarana maupun prasarana publik maka tidak lagi memerlukan CCTV untuk mengawasi sehingga fasilitas perkotaan tetap bagus dan nyaman," ucapnya.
 
Dikatakan, selain CCTV yang secara terus-menerus merekam aktivitas di dalam area JPO, pengamanan juga dilakukan dengan menempatkan anggota Satpol PP yang bertugas di sekitar prasarana perkotaan itu.
 
"Anggota Satpol PP sudah berjaga di sekitar jembatan sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka dapat segera diambil tindakan tepat sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku," katanya.
 
 

 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023