Sebanyak enam desa di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan menerima penghargaan berstatus Indeks Desa Membangun (IDM)  sebagai desa mandiri dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi  (Kemendes PDTT) Republik Indonesia 

Pemerintah Kabupaten HSU memberikan apresiasi kepada insan pemberdayaan pada desa-desa mandiri tersebut yang diserahkan langsung Penjabat (Pj) Bupati HSU R Suria Fadliansyah di Aula DR KH Idham Chalid belum lama ini 

"Kita berikan apresiasi karena desa-desa tersebut telah berhasil mengembangkan diri dari sebelumnya berstatus Desa Maju menjadi Desa Mandiri," ujar Raden Suria di Amuntai, Selasa.

Raden Suria mengatakan, ada enam desa yang dulunya status Desa Maju menjadi Desa Mandiri yakni Desa Palimbangsari, Desa Pulan Tani, Desa Lok Bangkai, Desa Palampitan Hilir, Desa Palampitan Hulu dan Desa Sungai Turak.

Melalui penghargaan ini, kata Raden Suria  dapat memberikan motivasi bagi pemerintah desa dan masyarakat lainnya untuk meningkatkan kinerja lebih baik ke depan 

Ia menjelaskan, predikat Desa Mandiri tersebut diperoleh dari IDM yang merupakan indeks komposit yang dibentuk dari Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Lingkungan

Berdasarkam IDM pada 2022, dari 214 desa di Kabupaten HSU berstatus Desa Mandiri sebanyak 6 desa, Desa Maju sebanyak 99 desa, Desa Berkembang 109 desa dan Desa Tertinggal serta Sangat Tertinggal nol desa.

"Salah satu menjadi penilaian menjadi Desa Mandiri yaitu peningkatkan pendapatan asli desa, yang termasuk dalam indikator penilaian," katanya.

Pemkab HSU, katanya akan mendukung upaya  pembinaan kepada seluruh desa yang masih berstatus Desa Berkembang ataupun status Desa Maju untuk mempercepat proses peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kedepannya berharap desa yang masih stutus berkembang atau maju, bisa lebih meningkat ke status Desa Mandiri," pungkasnya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023