Ribuan santri di Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti Jalan Sehat Sambil Sholawat (JALSAH) dalam rangka menyambut Tahun Baru 2023, yang dipimpin TGH. Ahmad Syairazi.

Bupati HSS, H. Achmad Fikry, di Kandangan, Minggu (1/1) mengatakan menyambut baik kegiatan pada hari ini, dan tentu ini semangatnya menyambut Tahun Baru bagi para santri khususnya.

"Dan semangat mereka harus kita dukung,  alhamdulillah hari ini kami, kapolres, pak dandim, pak sekda bisa ikut serta," katanya, saat memberikan keterangan, mengutip press release Diskominfo HSS kepada ANTARA.

Dijelaskan dia, rangkaian kegiatan seperti ini sudah dilakukan sejak tadi malam, banyak kegiatan keagamaan tadi malam, dan hari ini jalan santai.

Baca juga: Bupati HSS buka pelajaran membaca Al Qur'an orang dewasa metode Tartir

Pihaknya berharap, ini bisa menjadi perekat kita bersama antara pemerintah dan pondok pesantren, dan agar kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut, untuk memberikan suasana yang berbeda dengan para santri di daerah.

"Mereka sudah sekian bulan dalam lingkungan pondok, hari ini dibawa penyegaran agar mereka pada saat masuk kembali esok hari, sudah punya semangat baru," katanya.

Sementara itu, TGH. Ahmad Syairazi, mengatakan bahwa ada banyak hikmah yang dapat diambil, sebagaimana lantunan ayat Al Qur'an Surah Al Fattah yang dibacakan oleh Qori Santri Dalam Pagar.

Menurut dia, ayat ini memotivasi agar jangan berputus asa dalam hidup di dunia ini, rahmat Allah dan segala keberkahan Allah dan segala kebaikan Allah menanti, tinggal bagaimana lagi untuk menggapainya.

Baca juga: HSS kembali berangkatkan 12 santri belajar ke luar negeri

"Kita menyambut tahun 2023 dengan berkumpul dan bersholawat, senantiasa bisa memunculkan semangat untuk kita, dan menambah semangat guna menuju keridhaan Allah dan keberkahan Allah SWT," katanya.

Para peserta jalan santai dari para santri dan santriwati dari Ponpes Dalam Pagar Kandangan, MDT Al-Busyra Kandangan, MDT Al-Busyra kelas Pagar Haur, Majelis Raudhatul Ghanna Annabaeiyyah, Majelis Al-Anshar Wal MuhajirinMuhajirin.

Kemudian, dari Majelis An-nur Wassa'adah, Majelis Raudhatul FirdausFirdaus, Majelis Kubah Dingin Datu Usman, Majelis Al Ihya Nagara, Hai'ah Mahabbah Assyairaziyyah, MI Al-Injaz, serta Mahasiswa Dalam Pagar kelas kerjasama STAI Darul Ulum.

Turut hadir, Sekda HSS, H. Muhammad Noor, unsur forkopimda HSS, Wakil Ketua DPRD dan para anggota DPRD HSS, ketua MUI Kandangan, para habib dan dewan guru dari pengurus ponpes.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023