Tradisi gotong royong terus melekat pada jiwa warga masyarakat Desa Mantimin, Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan mulai dari orang dewasa hingga para kaum milenial.

"Kami sangat merasa bangga atas ramainya gotong royong masyarakat Mantimin, yaitu dalam membangun rasa solidaritas dan kekompakan pada kegiatan acara hajatan pernikahan," kata tokoh pemuda Desa Mantimin, Ikus Icung di Paringin, Ahad.

Dia melanjutkan, tradisi gotong royong ini selain menambah rasa solidaritas dan kekompakan juga dapat mempererat hubungan antar warga setempat.

Menurut Ikus, kekompakan masyarakat juga tidak terlepas dari peran serta tokoh pemuda serta anak-anak yang mengambil peran di lingkup desa.

Kemudian, kehadiran dan gotong royong banyak orang ini juga masih dalam balutan tradisi kehormatan yang bisa dinikmati bersama-sama untuk meringankan segala bentuk pekerjaan di desa.

"Kami juga mengucapkan selamat kepada pasangan pengantin yang baru saja melaksanakan resepsi pernikahan, semoga pasangan muda yaitu Fajeri Manyui dan istri menjadi keluarga sakinnah mawaddah warohmah," tuturnya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023