Kepolisian Resor Kota Banjarbaru menurunkan ratusan personel yang ditempatkan di berbagai titik dan lokasi mengamankan Natal 2022 dan tahun baru 2023 melalui operasi kepolisian terpusat Lilin Intan.
 
Kepala Kepolisian Resor Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah di Kota Banjarbaru, Kamis mengatakan, kesiagaan personel Polres sudah dimulai pada apel gelar pasukan di mapolres setempat.
 
"Kami sudah melaksanakan apel gelar pasukan sebagai kesiapan akhir personel dan sarana prasarana pengamanan menjelang Natal 2022 dan tahun baru 2023. Semua sudah siap," ujar Dody bersemangat.
 
Menurut kapolres yang didampingi Wakil Wali Kota Wartono, operasi kepolisian terpusat dengan sandi "Lilin Intan 2022" dilaksanakan 14 hari sejak tanggal 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.
 
Disebutkan, ratusan personel polisi disiagakan melakukan pengamanan di tempat ibadah umat Nasrani atau gereja yang tersebar di berbagai kawasan di Kota Banjarbaru melalui pengamanan terbuka dan tertutup.
 
"Personel yang diturunkan sebanyak enam orang di setiap gereja dengan dilengkapi peralatan lengkap dalam upaya menciptakan rasa aman bagi jemaat. Selain itu juga dilakukan rekayasa lalu lintas," ungkapnya.
 
Disebutkan, kekuatan personel juga disiagakan pada tiga pos yang telah disiapkan yakni Pos Pengamanan di kawasan bundaran Simpang Empat Banjarbaru dan bundaran Landasan Ulin Kamaratih.
 
Selain itu, juga disiapkan sebuah Pos Pelayanan di terminal kedatangan Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin yang merupakan pos pelayanan terpadu bersama pihak terkait lainnya.
 
"Personel yang ditempatkan pada Pos pengamanan dan Pos pelayanan merupakan gabungan TNI, Petugas Kesehatan Dishub, Satpol PP, hingga relawan yang melakukan penjagaan bergiliran," ungkapnya.
 
Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono mengapresiasi kesiapan personel Polres didukung petugas lainnya yang melakukan pengamanan baik di tempat ibadah maupun tempat lain yang menimbulkan kerawanan.
 
"Kami apresiasi dan mendukung pengaman yang dilakukan personel gabungan polres dan pihak terkait lainnya. Semoga perayaan Natal dan tahun baru di Banjarbaru berjalan aman, tertib dan kondusif," katanya.
 
 
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022