Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalsel sahkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang penyelenggaraan kesehatan dan penyertaan modal kepada perseroan terbatas Bank Pembangunan Daerah Kalsel pada Rapat Paripurna di Gedung Dewan setempat, Rabu (21/12).

Sebelumnya, Pansus 1 DPRD HST yang melalui juru bicaranya M Abdi Akhyani menyampaikan, setelah Raperda Penyelenggaraan Kesehatan ini disahkan diharapkan pihak eksekutif segera mensosialisasikan melalui SKPD terkait kepada masyarakat. "Intinya kami dari Pansus setelah melakukan kajian, konsultasi dan uji publik, mendukung sepenuhnya Raperda ini dijadikan perda," katanya.

Sedangkan Pansus 2 DPRD HST melalui Juru Bicaranya Supian Noor menyebutkan, sesuai dengan skema rencana pemenuhan permodalan, Pemkab HST diharapkan dapat melakukan penambahan modal ke Bank Kalsel sebesar 35 Miliar selambat-lambatnya tahun 2024.

"Dari hasil kajian investasi dan penjelasan Biro Perekonomian Pemprov Kalsel, investasi ke Bank Kalsel menguntungkan, karena setiap tahun daerah memperoleh deviden yang cukup bagus," katanya.

Menanggapi hal itu, Bupati HST H Aulia Oktafiandi mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak DPRD yang mendukung dan menyepakati kedua raperda tersebut untuk selanjutnya dijadikan perda.

"Dengan perda itu nantinya, upaya kesehatan yang dilaksanakan Pemkab HST dengan dukungan masyarakat akan semakin maksimal dalam mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya bagi pengembangan dan pembinaan SDM di HST," katanya.

Sedangkan Perda tentang penyertaan modal kepada Bank Kalsel ini diharapkan dapat meningkatkan deviden untuk keuangan Pemkab HST dan PAD pun akan semakin meningkat.

Selain itu dikatakannya, dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat yang semakin baik lagi melalui peran Bank Kalsel.

"Selanjutnya, kami akan menginstruksikan kepada perangkat daerah terkait untuk menyiapkan instrumen petunjuk pelaksanaan yang diperlukan, agar perda yang telah ditetapkan berlaku efektif dan memberikan dampak positif bagi masyarakat HST," tuntasnya.

Rapat Paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD HST H Rachmadi yang didampingi Wakil Ketua H Hendra Suriadi dan Taufik Rahman serta dihadiri jajaran Anggota dewan setempat dan kepala SKPD HST serta sebelumnya juga telah digelar Rapat Paripurna Hari jadi Kabupaten HST ke-63.
 
Para Anggota DPRD HST usai mengikuti rapat paripurna Hari Jadi Kabupaten yang ke-63 (Antaranews Kalsel/M Taupik Rahman)

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022