Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Iwan Friady menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan sosialisasi sistem klasifikasi keamanan dan akses arsip dinamis.

Kegiatan dirangkai dengan launching Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintergrasi (Srikandi) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan HSS, di pendopo Bupati HSS.

"Maksud dan tujuan kegiatan ini dalam rangka mengetahui hak dan kewajiban pencipta arsip dan publik terhadap akses arsip," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diperpursip HSS, H Tajiddin Noor, Selasa (20/12).

Baca juga: Pemkab HSS canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

Dia jelaskan, ini sebagai salah satu sumber informasi yang dapat diakses oleh publik, dengan pertimbangan keamanan dalam melindungi fisik arsip tersebut.

Sementara, aplikasi Srikandi di lingkungan Pemerintah Kabupaten HSS agar dapat menunjang kegiatan pengelolaan arsip lebih efisien.

Juga agar arsip dapat tertata dengan baik untuk mendukung penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik, sehingga terwujud tata kelola pemerintahan yang bersih dan efektif.

Baca juga: Lomba lukis mural untuk tingkatkan minat pengunjung perpustakaan

Asisten Administrasi Umum Setda Kab.HSS, H Iwan Friady, mengatakan menyambut baik terlaksananya sosialisasi sistem klasifikasi keamanan dan akses arsip dinamis. sekaligus peluncuran aplikasi Srikandi di lingkungan Pemkab HSS.

"Kita berharap melalui kegiatan ini akan dapat mendukung pengelolaan arsip dinamis yang efektif dan efisien," katanya, saat menyampaikan sambutan tertulis Bupati HSS, H Achmad Fikry.

Ditambahkan dia, pengelolaan persuratan dan kearsipan agar dapat sesuai kode klasifikasi arsip yang telah ditentukan. Adanya aplikasi Srikandi merupakan tindak lanjut terhadap Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018, tentang pemerintahan berbasis elektronik.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022