Hj. Ratnawati Farhan terpilih secara aklamasi menjabat Ketua Dewan Pengurus Cabang Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) periode 2022 -2027.

Ketua Umum DPD IWAPI Kalimantan Selatan  Hj Shinta Laksmi Dewi melantik Hj Ratnawati  Farhan sebagai Ketua DPC IWAPI HSU yang baru menggantikan Hj Emma Didah Muhdar.

Pelantikan dilaksanakan di Aula Hotel Lambung Mangkurat di Amuntai, Kamis. Hadir membuka Musyawarah cabang (Muscab) ke-5 DPC IWAPI HSU penjabat Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah.

"Pemerintah daerah berharap ke depan bisa menjalin kerja sama yang erat dengan  DPC IWAPI HSU untuk memajukan kaum perempuan dalam pemberdayaan ekonomi keluarga dan masyarakat," ujar Raden Suria.

Raden Suria mengatakan, IWAPI bisa menjadi motivator bagi kebangkitan UMKM perempuan pasca terjadinya Pandemi COVID -19 sehingga dapat turut membantu pemulihan  perekonomian.
 
Ketua DPC IWAPI HSU terpilih periode 2022-2027 Hj Ratnawati Farhan menandatangani berita acara pelantikan pada Muscab V DPC IWAPI HSU di Aula Hotel Lambung Mangkurat Amuntai, Kamis (08/12/22). (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

Pada Muscab ke -5 tersebut, Hj Ratnawati Farhan  menjadi calon tunggal ketua DPC IWAPI HSU menggantikan Hj Emma Didah Muhdar yang telah menjabat Ketua DPC IWAPI HSU selama dua periode.

"Semoga ketua yang baru bisa melanjutkan kepemimpinan Ibu Emma Didah selama dua periode memimpin DPC IWAPI HSU, " kata Ketua Umum DPD IWAPI Kalimantan Selatan (Kalsel)  Hj Shinta Laksmi Dewi.

Shinta menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Hj Emma Didah Muhdar yang sudah berdedikasi tinggi menjadi anggota IWAPI  selama sembilan tahun dan  menjabat ketua IWAPI HSU dua periode .

Menurutnya , dedikasi sangat dibutuhkan dalam menjalankan suatu organisasi dan Emma Didah sudah membuktikan pengabdiannya hingga purna tugas dan  kini dipercaya menjadi dewan penasehat DPC IWAPI  HSU
 
Ketua DPC IWAPI HSU demisoner Hj Emma Didah Muhdar menyerahkan cendra mata kepada Ketua Umum DPD IWAPI Kalsel Hj Shinta Laksmi Dewi pada Muscab V DPC IWAPI HSU di Aula Hotel Lambung Mangkurat Amuntai, Kamis (08/12/22). (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

Seluruh dewan pengurus ranting IWAPI pada tiga kecamatan menerima laporan pertanggungjawaban Emma Didah sebagai Ketua DPC IWAPI periode 2017-2022.

Dalam laporan pertanggungjawabannya, Emma menyampaikan, baru terbentuk sebanyak tiga kepengurusan ranting IWAPI di kecamatan yakni   Amuntai Selatan,  Amuntai Tengah dan Amuntai Utara 

"IWAPI HSU sudah memiliki Koperasi Cahaya Bunda dan mendapat bantuan hibah dari provinsi," katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten HSU Gusti Iskandariah mengaku sangat tertarik dengan tema yang diusung Muscab ke-5 IWAPI yakni 'IWAPI kolaboratif, sinergis menuju kemandirian ekonomi dan peningkatan  kualitas UMKM perempuan'.
Penjabat Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah membuka Muscab V DPC IWAPI HSU di Aula Hotel Lambung Mangkurat Amuntai, Kamis (08/12/22). (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

"Kerja sama dan sinergi dalam mengatasi berbagai permasalahan sangat diperlukan dan DPPPA siap bersinergi dengan pengurus IWAPI dalam memajukan kaum perempuan," katanya.

Sementara Ketua IWAPI HSU terpilih Hj Ratna Dewi Farhan berjanji akan meningkatkan kerja sama dengan UMKM perempuan' yang banyak tersebar di HSU.

"Tentu saya sangat mengharap dukungan dari pengurus IWAPI baik cabang maupun ranting serta bimbingan para senior khususnya Ibu Emma Didah," katanya 

VIDEO BERITA TERKAIT :  

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022