Menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun 2022/2023, stok pangan di Kabupaten Tanah Bumbu , Kalimantan Selatan, dipastikan cukup hingga tiga bulan ke depan.

"Selain cukup, harganya juga tergolong aman atau tidak ada kenaikan secara signifikan," kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Tanah Bumbu Deny Harianto, di Batulicin Jumat.

Ia mengatakan, biasanya setiap momen hari besar agama atau menjelang pergantian tahun harga kebutuhan bahan pokok mulai naik. Namun tahun ini relatif stabil.

Meskipun ada beberapa mengalami kenaikan harga namun tergolong wajar, karena naiknya hanya Rp1.000 hingga Rp2.000.

Seperti beras lokal, awalnya Rp11.000/kg menjadi Rp13.000/kg. Dan minyak goreng kemasan Rp14.000 menjadi Rp15.000/liter.

Sedangkan untuk harga bahan pokok lainya masih tetap atau tidak ada kenaikan. Dan stoknya juga tersedia hingga tiga bulan ke depan.

Deny juga menghimbau kepada masyarakat agar dapat membiasakan hidup hemat saat berbelanja, salah satunya dengan membeli keperluan dapur secukupnya saja.

"Tidak perlu memborong bahan makanan untuk stok, cukup membeli secukupnya saja. Kalau habis baru belanja lagi," pintanya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022