Batulicin, (AntaranewsKalsel) - Tidak hanya itu, pemerintah daerah juga telah menyalurkan bantuan kepada petani berupa Alsintan yang danan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan belanja Negara (APBN). 


Bantuan tersebut berupa satu unit traktor roda empat, 54 unit hand traktor roda dua, empat unit mesin panen besar, 15 unit mesin panen sedang,  23 unit mesin panen kecil,  20 unit mesin perontok jagung, dua unit mesin perontok padi, dua unit mesin panen jagung, dan tiga unit mesin perontok multiguna. .

     Lebih dari pada itu, pemerintah daerah tahun ini bersama jajaran TNI juga melaksanakan program cetak sawah seluas 150 hektar untuk meningkatkan jumlah produksi petani.

     Ditambah lagi dengan program pengembangan tanaman jagung seluas 2000 hekte, tanaman kedelai 500 hektare, program tandur jajar legowo seluas 1000 hektar, dan program perluasan areal tanam diluar lahan kering seluas 5000 hektar.

     Pembangunan di sektor pertanian, juga didukung dengan adanya pengadaan sapi potong untuk meningkatkan kesejahteraan kelompok ternak. Sedikitnya ada sebanyak 40 ekor sapi potong yang tahun ini rencananya disalurkan kepada petani.

     Jenis ternak lainya yang juga akan disalurkan untuk kelompok tani adalah berupa  kambing sebanyak 40 ekor, dan itik 3000 ekor yang sumber dananya berasal dari APBD Tanbu  tahun anggaran 2016.

Pewarta: Humas/Sujud Mariono/Lipsus

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016