Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan, Achmad Fikry melantik 60 orang kepala desa (Kades) hasil pemilihan kepala desa serentak gelombang II.

Pengambilan sumpah dan pelantikan 60 orang Kepala Desa di Kandangan, Senin pagi ini berdasakan Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 188.45/169/KUM/2016.

Kegiatan ini terasa istimewa, karena bupati memberikan perhatian khusus, layaknya pelantikan di istana presiden, mulai dari penyerahan SK para kepala desa di kediaman bupati hingga digelar karpet merah untuk para Kades.

Pada kesempatan tersebut, Bupati berharap seluruh kepala desa yang dilantik mengemban amanah dalam memberikan pelayanan terbaik bagi warganya.

"Seluruh kepala desa yang terpilih merupakan putra putri terbaik Kabupaten HSS, segera lakukan konsolidasi dengan semua elemen masyarakat, memberikan pelayanan tanpa membedakan baik mereka yang telah memilih atau tidak memilih sehingga akan menyatukan gerak pembangunan desa," katanya.

Menurut Bupati, para kepala desa juga bakal mendapatkan tanggung jawab yang tidak ringan, karena saat ini ujung tombak pembangunan dan perputaran ekonomi berawal dari desa, dengan digelontorkannya dana desa yang nilainya tidaklah sedikit.

"Dana desa akan dicairkan pertengahan April mendatang, gunakan sebaik-baiknya sesuai dengan peruntukannya dan perundang-undangan, maksimalkan penggunaan dananya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat", katanya.

Begitupun penyusunan program desa, menurut Fikry hendaknya disesuaikan dengan RPJMD Daerah serta untuk menyukseskan visi misi pembangunan daerah, utamanya dalam mengemban amanah sebagai kepala desa selama enam tahun, ikut serta dalam pengentasan kemiskinan di daerah.

Banyak program pembangunan daerah yang telah nyata memberikan kontribusi peningkatan kesejahteraan masyarakat oleh Pemkab HSS.

Beberapa program tersebut, seperti Beras Sejahtera (Ranstra) atau juga santunan untuk lansia, penyusunan program desa agar tidak terjadi "duble budget" atau rangkap pembiayaan, bila sudah dianggarkan oleh pemkab atau pusat maka desa tidak perlu lagi.

Bupati juga berharap agar para Kepala Desa dapat memilih perangkat desa, sehingga dapat memaksimalkan dan meningkatkan pelayanan prima untuk warga, adapun terkait serah terima jabatan kepala desa dan pelantikan akan dilaksanakan di tiap kecamatan.

Turut berhadir dalam kegiatan ini Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj Isnaniah A Fikry, Wakil Bupati HSS H Ardiansyah, Ketua DPRD HSS Syamsuri Arsyad, Unsur Muspida HSS, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Efran, Para Kepala SKPD, Para Camat, tokoh ulama dan undangan lainnya.


Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016