Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, H. M Zairullah Azhar bersama tim asesmen dari Bapenas, Kementerian Marves dan tim Asia Bank melakukan peninjauan ke titik lokasi rencana pembangunan Bendungan Sungai Kusan di Desa Teluk Kepayang dan Desa Tamunih.

"Setelah tiba di lokasi, kami bersama tim asesmen melakukan diskusi terkait aspek sosial terhadap warga yang berada di wilayah rencana pembangunan bendungan," kata Zairullah melalui siaran Pers, di Batulicin Senin.

Ia mengatakan, peninjauan ke lokasi bendungan dibagi menjadi dua tim yakni tim satu dipimpin langsung oleh Bupati Tanah Bumbu menuju Desa Tamunih dan tim dua dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah H. Ambo Sakka menuju Desa Teluk Kepayang.

Adapun ketiga desa tersebut yakni, Desa Temunih, Desa Teluk Kepayang dan Desa Batu Bulan yang akan di relokasi oleh pemerintah daerah untuk dijadikan pembangunan Bendungan Sungai Kusan.

Zairullah berharap, dibangun bendungan tersebut tentu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu, baik dari sektor pertanian, perikanan dan lainnya.

"Selain itu, bendungan ini nantinya mampu memenuhi kebutuhan listrik di ibukota negara yang baru, serta menciptakan ribuan lapangan pekerjaan bagi warga Tanah Bumbu," katanya.

Sementara itu, Ketua tim dari Bappenas Jauhari mengatakan, tujuan kunjungan itu untuk mendalami aspek sosial terkait pembangunan bendungan, sebab pembangunan bendungan ini tidak hanya dibangun melalui anggaran pemerintah pusat saja melainkan juga investasi kerja sama dari luar negeri.

"Dua hari ke depan tim akan melihat langsung dan juga mengamati aspek sosial di wilayah bendungan," jelasnya.

Ada beberapa aspek yang diamati salah satunya adalah melakukan relokasi, warisan budaya, ekonomi dan pekerjaan yang terdampak oleh pembangunan Bendungan Kusan.

"Oleh karena itu, kami berharap kepada masyarakat bisa mengungkapkan terkait dampak yang diuntungkan dengan adanya pembangunan Bendungan Kusan," pungkasnya.

 

Pewarta: Sujud Mariono/Diskominfo

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022