Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah,  mengunjungi Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan,  Sabtu (2/4).


Rombongan HKTI Kabupaten Kapuas dipimpin Ketua HKTI Kabupaten Kapuas yang juga sebagai Wakil Bupati Kapuas  H Muhajirin, disambut langsung Wakil Bupati Tanah Laut H Sukamta, Ketua HKTI  Kalsel H. Abidin, Ketua HKTI Tanah Laut dan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan  Tanah Laut  Norhidayat.

Dalam kunjungan itu, ada beberapa tempat ikunjungi rombongan HKTI Kapuas antara lain,  pabrik pengolahan kripik nangka Pulau Sari, Kebun Nangka Desa Sei Pinang, Kebun Buah Naga Desa Tampang dan Lokasi Lebah Madu, Pengolahan Jamur Tiram di Karang Taruna.

Wakil Bupati Tanah Laut H Sukamta mengatakan,  sektor pertanian masih merupakan salah satu sektor yang menjadi prioritas pembangunan di Kabupaten Tanah Laut.

Diutarakannya, sektor pertanian  cukup besarnya peluang dan potensi sektor tersebut dapat dikembangkan dan dibudidayagunakan untuk peningkatan pendapatan, kesejahteraan masyarakat serta sekaligus pengembangan perekonomian daerah.

“Khusus buah Naga tersebar di sembilan kecamatan dengan luas lahan kurang lebih 164 hektar,” ucap Sukamta.

Lebih lanjut di mengamukan, kehadiran HKTI diperlukan untuk memainkan peran dan fungsinya selaku organisasi profesi yang memfasilitasi dan memperjuangkan kepentingan petani.

“Sebagai mitra pemerintah, HKTI diharapkan bisa memberikan kontribusi dan ide-ide baru bagi dunia pertanian,” ujarnya.

Di kesempatan itu rombongan juga mencicipi hasil pengolahan  buah Naga menjadi beberapa makanan dan minuman di kebun Buah Naga Desa Tampang./c

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016