Amuntai, (Kalsel.Antaranews) - Ketua KONI Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan menilai banyak kemajuan bidang olahraga dimasa lima tahun kepemimpinan Bupati Abdul Wahid.


"Disamping alokasi anggaran untuk KONI yang terus meningkat untuk pembinaan atlet, pembangunan sarana dan fasilitas olahraga juga bertambah dimasa kepemimpinan Wahid," ujar Barkati.

Barkati mengatakan, bertambahnya alokasi anggaran dan pembangunan fasilitas olahraga tentu mempermudah KONI memperbanyak event kejuaraan olahraga guna meningkatkan prestasi atlet daerah.

Hasilnya, lanjut Barkati, berbagai prestasi mulai diraih atlet HSU diantaranya meraih Juara tiga cabang Silat pada Kejuaraan di Singapura, juara tiga tenis putri antar master di Jakarta dan Juara nasionall cabang mini Brige.

Kabupaten HSU juga menyumbang sebanyak 10 Atlet untuk kontingen Kalimantan Selatan yang akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional di Bandung Jawa barat tahun ini.

"Bahkan dua pemain dilini serang kesebelasan sepakbola Kalsel untuk PON disumbang Kabupaten HSU," katanya./c

Cabang PON yang disumbang atlet asak Kabupaten HSU yakni cabang Bilyard 1 orang, tenis lapangan puteri 2 orang, dayung 1 orang, sepakbola 2 orang, NPC catur 1 orang dan tenis meja 2 orang.

Barkati menambahkan, Bupati HSU juga menaruh perhatian tinggi untuk pelatihan dan penggemblengan atlet untuk prestasi jangka panjang dengan mengirim atlet tenis lapangan mengikuti 'try out' di Korea Selatan.

Bahkan, sambungnya, atlet yang berprestasi berikut pelatihnya mendapat bonus berupa uang pembinaan dari Pemda HSU.

Faslitas olahraga yang dibangun atau direhab dimasa kepemimpinan Wahid adalah fasilitas kolam renang, 
lapangan tembak, lapangan sepakbola, gedung bulu tangkis di kawasan GOR Karias.

"Masyarakat juga selalu dimotivasi untuk menyenangi aktivitas olahraga dengan menggelar secara rutin senam bersama berhadiah,jalan santai dan sepeda santai," katanya.

Demi memasyarakatkan olahraga pula, lanjutnya, berbagai event kejuaraan olahraga dilaksanakan ditempat terbuka agar lebih mudah ditonton masyarakat.

Seiring pengiriman sebanyak 150 atlet HSU mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) hingga 31 Maret di Banjarmasin, Barkati menargetkan perolehan medali HSU dapat memperbaiki peringkat POPDA.

Jika pada pelaksanaan POPDA di 2014 peringkat HSU menjadi juru kunci dalam perolehan medali dan
meningkat di 2015 menjadi peringkat 9, maka pada POPDA 2016 atlet HSU diharapkan masuk peringkat lima besar perolehan medali.

"Harapan ini tidak terlalu berlebihan karena kita memiliki cabang-cabang unggulan seperti cabang tenis lapangan, pencaksilat, sepak takraw dan tenis meja,"pungkasnya.


Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016