Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mulai menerapkan  aplikasi Gen-C untuk kapal-kapal general cargo yang sedang melakukan kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Trisakti dan Martapura Baru.
    
General Manager Pelindo III Banjarmasin, Hengki Jajang Herasmana di Banjarmasin Senin mengatakan,Gen-C adalah aplikasi bongkar muat, penumpukan dan pengeluaran barang yang berbasis web dan bersifat "real activity base".
    
Menurut Hengki, dengan aplikasi Gen-C, para pengguna jasa pelayaran dapat memonitor kegiatan bongkar muat kapal general cargo secara real time atau terus menerus.
    
"Penerapan aplikasi Gen-C selain bertujuan untuk memantau arus barang yang keluar dan masuk di Pelabuhan Banjarmasin, juga untuk penataan terminal-terminal yang ada di Pelabuhan Trisakti," katanya.      Sehingga, tambah dia, Pelabuhan Banjarmasin menjadi salah satu pelabuhan yang berkonsep modern dan tertib.
    
Hengki menambahkan, pelabuhan Banjarmasin menjadi salah satu pelabuhan yang pertama di lingkup Pelindo III, yang menerapkan aplikasi teknologi sistem informasi pada kegiatan bongkar muat.
    
"Penerapan aplikasi ini bakal dilakukan di seluruh cabang Pelindo III. Untuk Pelabuhan Banjarmasin, menjadi salah satu pelabuhan yang pertama dalam melakukan penerapan aplikasi bongkar muat ini," katanya.      

Menurut dia, Pelindo III terus berupaya melakukan transformasi teknolgi di berbagai sektor untuk meningkatkan pelayanan.
    
Hal itu, tambah dia,seiring dengan perkembangan zaman  yang menuju era digital, Pelindo III bergerak menuju Information Communication Technology (ICT) Enterprise melalui aplikasi GEN-C tersebut.
    
Hengki mengungkapkan, Pelindo III bertekad melakukan perubahan menuju standarisasi proses bisnis yang sistematis dan efesien.      
    
"Melalui penerapan ICT Enterprise ,pengelolaan operasional masing-masing cabang menjadi terstandar dengan sistem informasi yang seragam," katanya.
    
Sehingga setiap unit kerja akan terintegrasi dengan baik dan dapat menyederhanakan proses administrasi yang ada di Pelabuhan Banjarmasin.
    
Salah satu perubahan dan penyelarasan sistem informasi perusahaan, kata Hengki, ditandai dengan pelaksanaan aplikasi Gen-C, yang sejalan dengan visi penataan Pelabuhan Banjarmasin. 
    
Diterapkannya aplikasi Gen-C di Pelabuhan Banjarmasin, maka hanya angkutan yang memiliki Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) yang diizinkan untuk masuk ke area Pelabuhan Trisakti dan Pelabuhan Martapura Baru.
    
Sehingga, area terminal di Pelabuhan Banjarmasin lebih tertata karena hanya angkutan-angkutan yang benar-benar bekerja yang berada di area terminal.
    
"Hal ini sejalan dengan semangat penataan Pelabuhan Banjarmasin yang telah kita lakukan seperti penataan roda dua di area Trisakti, penerapan pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) dan 'restricted' area," kata Hengki



Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Herry Murdy Hernawam


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016