Panglima Daerah Militer (Pangdam) VI  Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo meminta anggota TNI menghindari pelanggaran sekecil apa pun.

"Setiap kegiatan harus ada perencanaan matang dan dilaksanakan sesuai aturan untuk menghindari pelanggaran sekecil apa pun," ujar Tri Budi Utomo di Amuntai, Selasa (8/11/22).

Tri antara lain meminta anggota TNI yang bertugas di bidang Intelijen menghindari  pelanggaran untuk werfing, narkoba dan perjudian.

Babinsa juga diminta melakukan pengecekan kesiapan  diri dan sarana transportasi, misal; tidak memaksakan diri untuk bertugas saat mengantuk dan sebagainya.
Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah VI/ Mulawarman Ny. Rahma Tri Budi Utomo berfoto bersama jajaran Kodim 1001 Amuntai- Balangan di Kota Amuntai, Selasa (08/11/22) (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

"Pelanggaran THTI juga masih ada terjadi, agar dihindari,' tegasnya

Melakukan kunjungan kerja di Kodim 1001 Amuntai-Balangan, Pangdam juga menyampaikan penugasan Satgas Pamtas dan BKO Ter akan diganti dengan penugasan Pasukan Organik dari Kodam VI Mulawarman  berangkat tugas ke Papua.

"Bagi Anggota yang saat ini melakukan Satgas Teritorial atau Satgas Pamtas RI-Malaysia agar tidak lupa memberikan kabar kepada istri atau keluarga, meskipun tidak selalu lancar komunikasinya karena anggota TNI kadang tengah berada di daerah yang tidak ada jaringan Internet," katanya.

Lebih lanjut Pangdam juga meminta  anggota TNI untuk menjaga dan merawat aset satuan Kodim, Korem dan Kodam agar jangan sampai dimiliki oleh masyarakat.

Pangdam tak lupa menekankan Perintah Harian Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad)  Dudung Abdurachman, di antaranya mengenai  ketahanan pangan, menurunkan angka stunting  bekerjasama dengan BKKBN, pengawasan tugas operasi,  pemberian hukuman yang proporsional kepada prajurit yang melanggar sesuai fakta dan bukti.

Disampaikan pula tentang antisipasi bencana alam di wilayah tugas masing-masing,  antisipasi kerawanan pemilu. 

"TNI -AD jangan terpengaruh untuk dimintai dukungan, TNI-AD Netral, jangan Ikut giat kampanye seperti ikut pasang spanduk dan pembagian sembako," katanya.

Jaga soliditas TNI dengan satu kesatuan komando, kata Pangdam, TNI jangan sampai dikendalikan pihak lain. Ia minta anggota TNI tidak perlu takut jika tidak salah

Selain itu, lanjutnya, anggota TNI jangan mempublikasikan kegiatan dinas TNI yang bersifat interen serta loyal kepada pimpinan TNI AD.
 
Pimpinan dan anggota Kodim 1001 Amuntai-Balangan menghadiri kunjungan kerja Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo beserta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah VI/ Mulawarman Ny. Rahma Tri Budi Utomo di Kota Amuntai, Selasa (08/11/22) (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)


Kehadiran Pangdam bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah VI/ Mulawarman Ny. Rahma Tri Budi Utomo 
di Kodim 1001 Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) disambut pula oleh  Kapolres HSU diwakili Kompol Hartoyo, Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari, Ketua DPRD  Balangan Ahsani Fauzan, Kajari HSU Agustiawan Umar, Kajari Balangan La Kanna, Sekda Balangan Sutikno, Ketua Pengadilan Negeri Balangan Evie Fitriastuti dan Ketua Pengadilan Agama HSU Rusdiyansyah.

Kedatangan Pangdam VI/Mulawarman disambut kesenian Hadrah yang merupakan kesenian tradisional Banjar dalam menyambut tamu yang datang.

Sebelum berakhirnya kegiatan, dilanjutkan dengan Penyerahan Cendera Mata dari Dandim 1001/HSU serta penulisan kesan dan pesan  oleh Pangdam VI/Mulawarman  dan Ibu Ketua Persit atas kunker di Kodim 1001 Amuntai-Balangan.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022