Festival Gema Ramadhan 1432 H yang digelar Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Hulu Sungai Tengah membludak.

Festival yang diselenggarakan bekerja sama dengan GP Ansor , IPNU, IPPNU, Fatayat NU dan PMII HST berlangsung meriah yang dimulai denngan lomba lomba bagarakan sahur dan pawai tanglong yang berlangsung dari tanggal 19-21 Agustus 2011.

Sedangkan pelaksanaan pawai tanglong, final lomba bagarakan sahur serta penutupan festival Gema Ramadhan dilakukan oleh Bupati HST H Harun Nurasid didampingi Ketua TP PKK HST Hj Tintainah bertempat di Panggung Utama Depan Gedung Murakata Barabai, Jalan Bakti Barabai, Minggu (22/8) Pukul 23.00 Wita.

Menurut Ketua GP Ansor HST Yusran Jumlah Peserta Festival Gema Ramadhan tahun ini meningkat signifikan walaupun terkesan persiapannya mendadak.

Peserta  lomba bagarakan sahur  diikuti 87 kelompok  sementara pawai tanglong diikuti 36 kelompok yang datang dari seluruh pelosok Kabupaten HST.

"Kami bersyukur untuk pawai tanglong dilepas langsung Bupati HST H Harun Nurasid beserta istri ini sebagai wujud kepedulian kepala daerah serta menjadi  kebanggaan dan penghargaan tersendiri ,"katanya.

Diterangkannya untuk rute pawai tanglong mengambil start di Depan Gedung Murakata Jalan Bakti, Jalan H Hasan Baseri, Jalan Ulama, Pasar Ramadhan, Jalan PHM Noor, Pasar Murakata dan finish di Gedung Murakata Barabai.

Beragam bentuk kreatifitas ditampilkan peserta pawai tanglong mulai dari kostum, lampu dan ragam media penerangan lainnya, ornamen gua hira, ka'bah, binatang unta, gajah, Al Qur'an, ditambah semaraknya kembang api yang menghiasi langit Bumi Murakata  diikuti baik oleh peserta anak hingga dewasa berbaur dalam kegembiraan dan kemeriahan festival gema Ramadhan.

Ditambahkannya kegiatan ini telah menjadi agenda wisata religi tahunan dan senantiasa terjadi peningkatan kualitas dan kuantitas dari peserta dan perhatian Pemkab HST dalam meningkatkan insentif hadiah pembinaan sehingga kedepannya GP Ansor merencanakan festival gema ramadhan dengan skala lebih besar yaitu Banua Anam.

Bupati HST H Harun Nurasid mengatakan,  menyambut baik terlaksananya festival gema ramadhan tradisi yang terlahir dari kearifan lokal di bulan Suci Ramadhan ini perlu dipertahankan dan dikembangkan lagi dengan beragam inovasi dan kegiatan positif lainnya.

Festival gema ramadhan mengandung hikmah disatu sisi untuk mengangkat seni dan budaya  daerah serta untuk memulyakan bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh hikmah dan berkah untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah, menjalin kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama.

Adapun pemenang lomba bagarakan Sahur untuk Juara I Group Tabarikin Tatah Barikin, Juara II Al Afatar Barabai Darat, Juara III Nurul Islam Pagat sementara Lomba Pawai Tanglong dimenangkan Juara I Group Darul Qarar Pasar 1 Barabai, Juara II Al Itisar Tri Kesuma dan Juara III Nurul Jannah Bukat.

Disamping untuk juara utama I, II, III yang berhak atas hadiah tropi, piagam dan dana pembinaan juga diserahkan hadiah untuk untuk juara harapan I, II, III, Penyerahan hadiah diberikan oleh Bupati HST H Harun Nurasid dan Ketua TP PKK HST Hj Tintainah Harun Nurasid.

Turut Berhadir dalam Penutupan Festival Gema Ramadhan Sekda HST IBG Dharma Putra, Dandim 1002 HST Letkol Infanteri Heri Pribadi, Kapolres HST Hendro Wahyudin, Kepala Kementerian Agama HST Gurdani Syukur, Kepala Dinas Disporabudpar Akhmad Syairani Effendi, Para Asistem dan Pimpinan  SKPD, Ketua Fatayat NU Norhilaliyah, Ketua IPNU M Zaini, Ketua IPPNU Ratna Ningsih, Ketua PMII Barabai Rustam Effendi serta para undangan lainnya. (Fat/Humas/B)

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011