Bupati Barito Kuala, Kalsel Hj Noormiliyani mengaku sangat mengapresiasi jasa besar Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) bagi daerahnya.

Karenanya, Noormiliyani pun menyampaikan sangat mendukung jalinan kerjasama yang dilakukan Poliban dengan Pemda Barito Kuala yang ditandatangani dalam nota kesepahaman pada Rabu (2/11/2022) di kediamannya.

Noormiliyani pun mendatangi langsung MoU tersebut dengan Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi disaksikan Sekda Barito Kuala dan jajaran kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di pemerintahannya.

Dari pihak Poliban, juga hadir Tim Pengembangan dan Jejaring Kerjasama Penelitian pengabdian Masyarakat.

"Saya sangat mendukung dan mengapresiasi terlaksananya MoU ini," ujar Noormiliyani dalam rilis resminya yang disampaikan, Jumat.

Dia pun berterima kasih atas pelaksanaan program pengabdian masyarakat dari para dosen dan mahasiswa Poliban di daerah Barito Kuala.

Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi menjelaskan, MoU ini sebagai sinergitas perguruan tinggi vokasi dalam penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Menurut dia, ini sebagai langkah untuk mendukung potensi mempercepat pertumbuhan ekonomi dan sumberdaya manusia di Kabupaten Barito Kuala.

"Dengan MoU ini diharapkan implementasi Tri Dharma Poliban yang selama ini telah berjalan baik di Kabupaten Barito Kuala dapat lebih terarah dan tepat sasaran," ujarnya.

Joni pun memaparkan beberapa pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan oleh para Poliban di Kabupaten Barito Kuala diantaranya, pembuatan sumur bor dengan pompa submersible memakai tenaga matahari untuk keperluan warga di daerah Barambai.

Selanjutnya, kata Joni, pembangunan sarana penyaringan air bersih, merubah bahan baku air sungai menjadi layak minum di daerah Rangga Surya, Barito Kuala.

"Ada juga melaksanakan kegiatan pembekalan digital marketing untuk meningkatkan penjualan petani jeruk di daerah Wanaraya Barito Kuala," ujarnya.

"Akan banyak lagi yang kita lakukan untuk Kabupaten Barito Kuala kedepannya," ucap Joni.
Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani dan Direktur Poliban Joni Riadi saat memperlihatkan MoU bersama pejabat tinggi Pemkab Barito Kuala dan tim pengabdian masyarakat Poliban, di Marabahan, Rabu (ANTARA/HO)


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022