Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin mengatakan pemerintah kota siap menambah tiga embung atau cekungan yang dibentuk seperti danau untuk mencegah banjir yang sering melanda kota setempat.
 
"Kami sudah merencanakan untuk membangun tiga embung mencegah banjir. Saat ini sudah masuk dalam perencanaan dan pembangunannya siap dilaksanakan tahun 2024," ujar dia di Banjarbaru, Senin.
 
Pernyataan itu disampaikan wali kota didampingi Kepala Satpol PP Hidayaturrahman dan Camat Liang Anggang A Rifai saat silaturahmi sekaligus gotong royong bersama masyarakat di Jalan Sriwijaya LUU.
 
Menurut wali kota, embung yang dibangun di tiga wilayah yang sering dilanda banjir seperti Kecamatan Cempaka, Banjarbaru dan Landasan Ulin selain mencegah banjir juga dibangun penuh estetika.
 
"Embung yang dibangun selain untuk menampung air hujan mencegah banjir juga ditata sedemikian rupa menjadi kawasan yang bagus dan tertata sehingga bisa menjadi objek wisata bagi masyarakat," ungkapnya.
 
Dikatakan, kawasan yang sudah disiapkan menjadi embung akan dibebaskan dengan anggaran yang dimasukkan dalam APBD murni 2023 sehingga pembangunan bisa dilaksanakan tahun 2024.
 
"Kami sudah merencanakan upaya pencegahan banjir jangka panjang melalui pembangunan embung itu dan jangka pendeknya melakukan normalisasi sungai sehingga bisa air lancar mencegah banjir," katanya.
 
Wali kota berharap gotong royong terus dilaksanakan masyarakat di lingkungan sekitar, sehingga penuh kebersamaan untuk membersihkan lingkungan sekaligus mencegah banjir yang sering melanda kota itu.
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022