Sejumlah aparat desa dari empat Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalsel ikuti Coaching Clinic Implementasi Aplikasi Siskeudes Online dan Sipades bagi Pemerintahan Desa di Ballroom Hotel Grand Dafam, Banjarbaru.

"Kegiatan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 22-24 Oktober 2022 dan diikuti oleh 162 peserta dari empat Kecamatan yaitu kecamatan Barabai, Labuan Amas Selatan, Hantakan dan Batang Alai Utara dengan terdiri dari Pembakal dan Aparat Desa," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) HST H M Pajaruddin, minggu

Menurutnya, sejalan dengan era digitalisasi saat ini, perintah desa sudah menggunakan aplikasi sistem keuangan dalam membantu pengelolaan keuangan desa.

"Agar dapat diwujudkan, maka Pemerintah Daerah melalui dinas PMD dan difasilitasi oleh BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan berusaha memberikan cara untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan kapasitas aparat desa melalui coching clinic ini," katanya.

Sementara, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan Rudy M Harahap menyampaikan, BPKP kembali melakukan tekadnya untuk mengawal keuangan desa agar proses pembangunan desa lebih akuntable sesuai amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

"Desa menjadi pilar utama mewujudkan pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan maupun layanan yang akan di terima oleh masyarakat," ucapnya.

Menurutnya, kepala desa harus lebih meningkatkan kapasitas dan pengetahuannya dengan berbagai metode antara lain, melalui kegiatan pelatihan atau bimbingan teknis termasuk kegiatan peningkatan aparatur seperti saat ini yang dirasa akan dapat memberikan bekal pengetahuan," tutupnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022