Amuntai, (Kalsel.Antaranews) - Sebanyak delapan rumah warga di Desa Air Tawar Kecamatan Amuntai Utara Kalimantan Selatan hangus terbakar dan sebanyak sembilan kepala keluarga kehilangan tempat tinggal.


Peristiwa kebakaran yang terjadi Kamis malam sekitar pukul 18.00 wita tersebur segera mendapat perhatian dari Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) yang mengunjungi lokasi kebakaran di Desa Ait Tawar dan menyerahkan bantuan sembako dan peralatan dapur.

"Bantuan dari Pemerintah diharapkan dapat meringankan warga yang menjadi korban kebakaran dan masyarakat juga bisa bergotong royong meringankan penderitaan sesama mereka," ujar Wahid.

Wahid mengatakan, bagi warga yang tertimpa musibah yang terpenting jangan berputus asa, tetap sabar dan tawakal menerima cobaan-Nya, semoga musibah kehilangan harta benda ini mendapat ganti yang lebih baik.

Ia mengatakan di Kabupaten HSU cukup sering terjadi muisbah kebakaran, banjir, angin beliung dan tanah longsor, sehingga masyarakat diminta selalu waspada dan mengantisipasi agar tidak banyak kerugian yang ditimbulkan.

Bupati juga minta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama satuan penanggulangan bencana dan SKPD terkait turut siaga dan mengantisipasi setiap bencana yang terjadi agar segera mendapat bantuan.

Kepala BPBH Kabupaten HSU Faturrahman menjelaskan bantuan untuk korban bencana kebakaran di Desa Air Tawar berasal dari Dinas Sosial.

Pihaknya juga membantu membangun tenda sementara dan dapur umum selama dua hari pasca kebakaran terjadi.

"Saat ini masyarakat mulai bergotong royong untuk membantu warga korban kebakaran, baik menggalang dana bantuan atau menyediakan konsumsi dibalai desa," katanya./c


Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016