Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin memastikan seluruh provinsi mengirim kafilah di Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-29 pada 10--19 Oktober 2022 di Provinsi Kalsel.

"Semua (provinsi) mengirim kafilah, kita sudah koordinasi kepada semua Kanwil Kemenag di seluruh Indonesia," ujar Tambrin di Banjarmasin, Senin.

Menurut dia, data peserta yang masuk masing-masing kafilah dari 34 provinsi di Indonesia sudah lebih 90 persen, dipastikan semuanya datang menjelang penyelenggaraan.

Sebab, kata Tambrin yang juga Ketua Koordinator Kanwil Kemenag Seluruh Indonesia, para qari dan qariah yang mengikuti MTQ nasional mulai melakukan registrasi ulang pada 11 Oktober 2022 yang bertempat di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru.

Selanjutnya pada 11 Oktober 2022 dilaksanakan pawai taaruf mulai halaman Mesjid Al Karomah Martapura Kabupaten Banjar.

Berita terkait: Gubernur Kalsel sampaikan kesiapan MTQ Nasional kepada Menag RI


"Selanjutnya dilangsungkan malam taaruf para kafilah di O Kilometer Siring Sungai Martapura di Kota Banjarmasin," ujarnya.

Hingga, ucap dia, pembukaan resmi MTQ Nasional ke-29 yang dijadwalkan dihadiri langsung Presiden RI Ir H Joko Widodo di Astaka Utama Kiram Park Kabupaten Banjar pada malam tanggal 12 Oktober 2022.

"Setelah itu dimulai lomba berbagai cabang MTQ hingga penutupan," katanya.

Sebagaimana yang sudah ditetapkan ada 12 venue perlombaan yang tersebar di Kabupaten Banjar ada 6 venue, Kota Banjarbaru sebanyak 4 venue dan Kota Banjarmasin sebanyak 2 venue.

"Sejauh ini pemerintah provinsi sudah menyiapkan semua venue yang luar biasa bagi kesuksesan MTQ ini," ucapnya.

Dia pun menyampaikan, pelaksanaan MTQ nasional ke-29 di Kalsel ini harus bisa sukses besar, sebab ini menjadi sejarah setelah lebih 50 tahun atau terakhir 1970 Kalsel pertama menjadi tempat penyelenggara.

"Karenanya, kita semua warga Kalsel harus berpartisipasi menyukseskan termasuk menyambut baik tamu dari semua provinsi," kata Tambrin.

Berita terkait: Venue utama pembukaan MTQ nasional di Kiram Park dapat tampung 3.400 tamu
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022