Ketua Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) HM Lutfi Saifuddin mengatakan, provinsinya yang terdiri atas 13 kabupaten dan kota membutuhkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

"Saya mengatakan itu saat bersilaturahmi dengan Persatuan Mahasiswa Kalimantan Selatan (PMKS) Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim)," ujarnya melalui WA Jumat (30/9/22) siang.

Anggota DPRD Kalsel dua periode itu menegaskan, SDM berkualitas tersebut antara lain untuk mengolah sumber daya alam (SDA) yang berlimpah atau cukup potensial di provinsinya.

Oleh sebab itu, Ketua Komisi IV yang juga membidangi pendidikan dan ketenagakerjaan tersebut berharap, mahasiswa asal Kalsel yang berada di seluruh Indonesia agar segera menyelesaikan studi.

"Kemudian para lulusan yang studi di luar daerah kembali ke Kalsel mengabdi pada 'Banua' atau daerah asal," pinta wakil rakyat dari Partai Gerindra tersebut.

Ia berharap pula agar PMKS yang mengikuti studi pada berbagai kota di Indonesia tiap tahun melahirkan kelulusan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) atau Komisi IV DPRD Kalsel.

"Angka kelulusan dari anggota PMKS itu penting untuk bisa memasuki bursa kerja, terutama bagi mereka yang belum bekerja," lanjut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin tersebut.

"Bursa kerja melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalsel ataupun lainnya yang bukan saja sebagai aparatur sipil negara (ASN)," demikian Lutfi Saifuddin.

Silaturahmi Ketua Komisi IV dengan PMKS di "Kota Pahlawan " Surabaya itu berlangsung, Kamis (29/9/22) malam 

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022