DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), mendatangi Rumah Banjar atau Gedung Dewan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk studi komparasi.

Kedatangan wakil rakyat "Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus" Barsel untuk studi komparasi sosialisasi perda (sosper) dan wawasan kebangsaan (wasbang) itu diterima oleh Plt Sekretaris DPRD (Sekwan) Kalsel Muhammad Jaini, SE, MAP, di Banjarmasin, Selasa (27/9/22).

Di hadapan para wakil rakyat Barsel itu, Plt Sekwan Kalsel menerangkan bahwa sosper dan wasbang merupakan keniscayaan dalam upaya bersama menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pelaksanaan sosper sejak awal 2021 dan wasbang mulai perubahan APBD Kalsel 2021 satu kali dalam sebulan per anggota DPRD provinsi setempat.

"Kemudian pada tahun anggaran 2022 dalam sebulan sosper dua kali dan wasbang tetap satu kali. Namun dalam perubahan APBD 2022 rencananya dua kali dalam sebulan," demikian M Jaini.
Pertemuan Plt Sekretaris DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Jaini dengan rombongan DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah yang dipimpin Ketuanya HM Farid Yusran di Banjarmasin, Selasa (27/9/22). (Syamsuddin Hasan)

Wakil rakyat dari Barsel tersebut cukup antusias mendalami aturan sosper dan wasbang, tapi mengingat anggaran daerah yang sangat terbatas tampaknya sulit mencontoh DPRD Kalsel.

Namun Ketua DPRD Barsel Ir HM Farid Yusran akan berusaha melakukan pendekatan dengan eksekutif/pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat serta pihak terkait untuk pelaksanaan sosper dan wasbang.

"Kami berharap ada lampu hijau bagi anggota DPRD Barsel untuk melaksanakan sosper dan wasbang agar masyarakat luas lebih mengetahui lagi," ujar Farid Yusran.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022