Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) melakukan peninjauan dan identifikasi lahan pembangunan unit pelaksana teknis pusat (UPTP) balai latihan kerja (BLK) di Kabupaten Tanah Bumbu.

"Sebanyak empat titik lokasi yang disurvey oleh tim Kemenaker terkait pembangunan UPTP BLK di Tanbu," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Tanah Bumbu H. Avian Noor, di Batulicin Jumat. 

Empat lokasi tersebut berada di kawasan pengembangan ekonomi terpadu (KAPET) Batulicin Desa Sarigadung Kecamatan Simpang Empat.

Dari empat lokasi yang ditinjau, maka selanjutnya ditentukan satu lokasi untuk pembangunan BLK tersebut. 

Tahap selanjutnya pemerintah daerah yang akan menyiapkan lahan untuk dihibahkan.

"Terkait lahan yang diperlukan untuk pembangunan UPTP BLK setidaknya dibutuhkan lahan minimal lima sampai sepuluh hektare," ucapnya.

Diharapkan pembangunan UPTP BLK di Tanah Bumbu segera terealisasi pada periode 2023 sehingga keberadaan BLK sebagai wadah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) mampu mendorong percepatan pengurangan angka pengangguran.

Mengentaskan kemiskinan dan peningkatan ekonomi kerakyatan sebagaimana yang menjadi visi misi Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu.    

Adapun peninjauan lapangan oelh Tim Kemenaker didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik H Ansyari Firdaus serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Riduan dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait.
Kemenaker meninjau lokasi pembangunan UPTP BLK di Tanah Bumbu (Antaranewskalsel/Diskominfo.)

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022