Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin dalam rangkaian Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar Barambai Expo 2022 di halaman Kantor Kecamatan Barambai. 

Barambai Expo 2022 menampilkan potensi desa berupa jeruk dan nenas beserta sejumlah produk turunan, seperti sirup, selai, dan lainnya, serta briket arang berbahan pelepah atau cangkang dan limbah tempurung kelapa sawit.

Ketika membuka pameran tersebut, Sabtu (10/9/2022), Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS mengungkapkan salut dan bangga kepada para mahasiswa KKN se-almamater dengannya. Ia menyatakan apa yang dilakukan sangat sejalan dengan keinginan pemkab mendorong terciptanya one village one product untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kemajuan daerah.

“Saya merasa bangga ada mahasiswa se-almamater bisa mengabdi di daerah saya pimpin. Ini tentunya suatu kehormatan,” tutur alumni Fakultas Hukum ULM (dulu Unlam) ini.

Kegiatan berlangsung selama dua hari sejak Sabtu hingga Minggu (10 hingga 11 September 2022), ini juga menyuguhkan berbagai produk lainnya ditampilkan para pengrajin, Bumdes, dan UMKM di 11 stan milik desa serta tujuh stan milik daerah  berupa aneka produk olahan seperti kripik, beras, hingga berbagai jenis anyaman khas Barito Kuala berbahan purun.

Bupati yang menyaksikan pameran yang ditampilkan tampak terkesan. 

Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala, Noormiliyani menyampaikan ucapan terima kasih baik kepada rektor, dekan, para dosen pembimbing dan adik-adik mahasiswa atas pengabdian diberikan.

Ucapan terima kasih dan apresiasi juga disampaikan Noormiliyani atas terselenggaranya kegiatan Barambai Expo 2022.

Dia berharap, kegiatan diselenggarakan dapat memberi manfaat untuk pengembangan potensi desa serta berbagi pengalaman dan pemberdayaan masyarakat. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana yang juga Ketua Mahasiswa KKN Muhammad Nur Riady menyatakan, di Barambai Expo terdapat 18 stan  masing-masing 11 stan dari potensi desa dan tujuh stan dari pemerintah daerah. 

Terpisah, Camat Barambai Nurwahyudi merasa sangat bersyukur atas diselenggarakannya Barambai Expo. Dia menyatakan kegiatan itu bisa terselenggara berkat kerjasama antara ULM dengan pihak kecamatan serta seluruh desa di wilayahnya. 

Mantan Kasubag Perlengkapan dan Rumah Tangga (Permata) Setdakab Batola ini berharap, melalui kegiatan yang diselenggarakan tersebut bisa memajukan wilayahnya melalui pendorongan berbagai potensi desa yang telah digali para mahasiswa KKN FISIP ULM. 

Pembukaan Barambai Expo  ditandai berbagai rangkaian seperti persembahan pencak silat dari IPSI Kera Sakti dan persembahan tari dari Sanggar Belajar Mahabbatun Nabi Barambai.

Acara tersebut juga dihadiri Dekan Fakultas FISIP ULM Budi Suryadi beserta para dosen pembimbing, Kadisdik Batola Sumarji, Kadistan TPH Batola Murniati, Camat Barambai Nurwahyudi beserta isteri dan para anggota forkopimcam, para kades dan undangan.
 
Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS membuka Barambai Expo 2022, Sabtu (10/9/2022). Antara/HO-Prokopimda Batola. 

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022