Maskapai penerbangan PT Trigana Air yang mengoperasikan pesawat jenis ATR-42 di Bandara Gusti Syamsir Alam Stagen, Kotabaru, Kalimantan Selatan, akan meliburkan penerbangan Kotabaru-Banjarmasin (PP) karena libur Idul Fitri 1431 Hijriah.
        
Kabid Perhubungan Udara Dinas Perhubungan Kotabaru, H. Paiman SE, Senin, mengatakan, mulai H-1 hingga 12 September Trigana tidak melakukan penerbangan.
        
"Setelah tiga hari itu, Senin (13/9) penerbangan di Bandara Stagen, akan kembali normal," jelasnya.
        
Sementara itu, maskapai penerbangan PT Kalstar Aviation yang berencana membuka penerbangan baru untuk rute Banjarmasin-Kotabaru, mulai 2 September hingga kini belum mulai beroperasi.
        
"Sampai saat ini belum ada kepastian dari pihak perusahaan, kapan penerbangan pesawat Kalstar di Bandara Stagen dimlai," terangnya.
        
Semula, lanjut Paiman, maskapai tersebut merencanakan beroperasi mulai 2 September dengan dua kali penerbangan Kotabaru-Banjarmasin pagi dan sore.
        
Namun beberapa hari lalu, pihak perusahaan datang ke Dinas Perhubungan untuk menyampaikan bahwa jadwal penerbangan pada pagi akan dilaksanakan pukul 9 Wita, sedangkan sore hari dilakukan pada pukul 18 Wita.
        
"Tetapi perusahaan itu belum menetapkan kapan mulai beroperasi," tegasnya.
        
Dia menjelaskan, rencananya perusahaan akan mengoperasikan jenis pesawat ATR-42 yang berkapasitas 48-50 penumpang, sama seperti pesawat Trigana Air yang beroperasi di Bandara Stagen saat ini.
        
Menurut Paiman, karena tidak ada penerbangan itu, penumpang arus mudik yang berencana menggunakan transportasi udara terpaksa harus menggunakan jalur darat.

Pewarta:

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2010