Kantor Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, menjamin kesehatan warga binaan dengan menjalankan program "dokter menyapa".

"Program ini hasil kerjasama dengan Puskesmas Pulau Tanjung, Kecamatan Kusan Tengah, untuk memenuhi hak kesehatan warga binaan di Lapas Batulicin," kata Plt Kepala Lapas Kelas III Batulicin Bambang Hari Widodo di sini, Kamis.

Implementasinya adalah, para dokter atau petugas medis datang secara langsung ke Lapas Batulicin secara berkala untuk memeriksa kesehatan warga binaan.

Di Lapas Batulicin sendiri ada sekitar 248 penghuni dengan rincian 144 narapidana dan 104 tahanan. Dari jumlah tersebut tidak mungkin seluruh warga binaan dibawa ke puskesmas untuk pemeriksaan kesehatan.

"Oleh sebab itu perlu ada kebijakan untuk menjamin kesehatan para warga binaan dengan menjalankan program "dokter menyapa," jelas Bambang 

Sementara itu, petugas medis dari Puskesmas Pulau Tanjung, dr. Resti Akmalina menyambut baik dengan adanya kerjasama ini.

"Melalui program ini, kami mendapat kesempatan melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan tracking penularan penyakit yang dialami warga binaan (dan ini) menjadi salah satu program dari Puskesmas Pulau Tanjung," katanya.

Program ini dilaksanakan selama satu minggu sekali dengan rincian menerjunkan satu dokter, satu perawat, satu petugas insidentil COVID-19 dan satu orang petugas farmasi.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022