Bandung, (Antaranews Kalsel) - Tim Pelatda Pencak Silat PON XIX/2016 Jawa Barat berhasil menjadi juara umum pada Sabah Pencak Silat Championship 2016 yang digelar di Kinabalu Sabah,  Malaysia, 24-28 Februari 2016.


"Tim Jabar meraih delapan medali emas di kejuaraan internasional itu, dan sukses jadi juara umum," kata Sekretaris Umum Pengda IPSI Jabar Dede Iman Nugraja di Bandung, Senin.

 Meski tidak diperkuat tujuh atletnya yang tergabung di Pelatnas, namun para atlet muda Jabar mampu memberikan prestasi membanggakan. Keikutsertaan pada kejuaraan itu merupakan program "try out"  tim silat Jabar di luar negeri.

Jabar menurunkan 16 atlet Pelatda yang didampingi delapan pelatih dan dua offisial baik untuk kategori tarung dan seni gerak.

"Dari delapan emas yang diraih itu enam emas dari tarung serta dua emas dari nomor seni gerak," kata Dede.

Selan itu Jabar juga meraih dua medali perak yakni satu dari nomor tarung dan satu dari seni gerak. Sehingga total pesilat Jabar meraih delapan emas dan dua perak.

"Tadinya kita akan turun dengan kekuatan penuh, namun atlet nasional tak bisa diturunkan sesuai dengan syarat pertandingan di sana," kata Dede.  
   
Selanjutnya Jabar akan melakukan evaluasi hasil pertandingan itu, termasuk melakukan pembenahan terhadap kelemahan yang masih menjadi kendala bagi para atlitnya.

"Sebenarnya bukan jumlah medali yabg kita kejadi di uji tanding, tapi melihat sejauh mana perkembangan atlit dari hasil latihan selama ini, termasuk membenaji teknik dan strategi yang belum sempurna," kata Dede Iman menambahkan./f

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016