Yuliatin, warga Desa Sumer Jaya, Kecamatan Kintap, Tanah Laut, bersyukur ada pelayanan pemasangan KB implan gratis dari Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Tanah Laut pada rangkaian Manunggal Tuntung Pandang (MTP).

"Pelayanan pemasangan KB implan gratis seperti ini sangat baik, apalagi ada dukungan para bidan  memberikan pelayanan dengan baik. Ke depan saya berharap pelayanan kesehatan seperti ini terus dilaksanakan," kata Yuliatin, Jum'at (02/09/2022).

Terpisah, Fungsional Analis Kebijakan Muda DP2KBP3A Tanah Laut  Sugeng Hariyadi mengatakan,  masyarakat sangat senang dengan adanya pelayanan KB implan gratis pada rangkaian MTP.

"Ini terlihat dari para akseptor mengajak teman-teman lainnya untuk menerima pemasangan implan untuk masa tiga tahun dengan jumlah dua batang," terangnya.

Dia menjelaskan,  pelayanan tersebut dalam upaya menekan angka kelahiran pada ibu.

"Sebanyak 18 calon akseptor mendaftar, namun tidak semua dapat dilayani setelah dilakukan proses screening. Hal itu dikarenakan (calon penerima) mengidap darah tinggi," tutupnya.

Selain pemasangan KB implan gratis, terang dia,  DP2KBP3A Tanah Laut  juga memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19. 

Baca juga: 43 desa di Tanah Laut belum melaksanakan MTP
Baca juga: Bupati ingatkan perangkat desa hindari Pungli
 

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022