Amuntai, (Antaranews Kalsel)- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Daerah (BKKBD) Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan menargetkan selama dua tahun menggarap kampung berkualitas atau kampung KB mapan menjadi lebih sejahtera.

Kepala BKKBD Anisah Rasyidah Wahid di Amuntai, Jum'at, mengatakan melalui kerjasama lintas sektoral maka kampung KB di Desa Sungai Durait Tengah digarap mulai 2016 hingga 2018.

"Jadi selama dua tahun melaksanakan program kampung KB mapan Insya Allah akan berubah kondisinya 100 persen," ujar Anisah.

Anisah mengatakan, Desa Sungai Durait Tengah Kecamatan Babirik dipilih sebagai percontohan Kampung KB karena tingkat kesejahteraan masyarakatnya masih rendah.

Selain itu, tingkat partisipasi program Keluarga Berencana juga masih kurang dengan lingkungan pemukiman yg agak kumuh.

Pertama kalinya, kata Anisah, BKKBD khususnya segera membentuk Tri Bina seperti Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Lansia (BKL).

BKKBD juga membentuk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dan memberikan berbagai pelatihan kewirausahaan untuk ibu-ibu desa, seperti membuat kue, menjahit dan aneka kerajinan.

"Semua SKPD terkait juga memberikan bantuan seperti dari Dinas Pertanian berupa bibit padi atau dari 
Dinas Perikanan berupa bantuan bibit ikan,"terangnya.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga membuatkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (EKTP) dan Akta Lahir secara gratis.

Sementara pihak Badan Penyuluh Pertanian akan membentuk kelompok pertanian dan perikanan untuk membina petani.

"Semua ini kita lakukan melalui Program Kampung KB ini agar masyarakat di Desa Sungai Durait Tengah yang selama ini banyak tertinggal menjadi lebih sejahtera masyarakatnya," kata Anisah.

Namun demikian, lanjutnya, program dan bantuan pemerintah tidak akan berhasil tanpa dukungan, bantuan dan peran serta aktif masyarakat setempat.

Untuk mulai menggerakan partisipasi masyarakat Desa Sungai Durait Tengah terhadap rencana pelaksanaan Program KB mapan ini, Seluruh pejabat SKPD dan karyawan-karyawati melaksanakan aksi kebersihan dilingkungan desa.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016