Sebanyak 1.212 mahasiswa baru Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan tahun akademik 2022/2013 dikukuhkan, diantaranya ada dari negeri jiran Malaysia.

Menurut Direktur Poliban Joni Riadi saat membuka Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Poliban di kampus Poliban, Senin, mahasiswa baru tahun ini ada dari pulau Jawa hingga negeri tetangga Malaysia.

Ada dua mahasiswa baru yang terdaftar di Poliban dari Malaysia, bernama Pendi Serenden yang mengambil program studi (Prodi) Pertambangan dan M Nikmat Hamado mengambil Prodi Teknik Mesin.

Dikatakan Joni, pada kegiatan PKKMB tahun 2022 ini diikuti sebanyak 1.248 mahasiswa, karena ada sebagian mahasiswa lama karena sebelumnya tidak mengikuti, semuanya dari 21 program studi.

Menurut dia, kegiatan PKKMB tahun ini bisa dilakukan secara tatap mata atau luring, berbeda dengan dua tahun sebelumnya yang harus dilaksanakan secara daring.

"Tapi tetap kita perhatikan protokol kesehatan, karena masih pandemi COVID-19," tuturnya.

Joni menyampaikan, bahwa kegiatan PKKMB tahun ini juga berbeda, karenanya bertema "Happy & Priendly Campus", kegiatan dilangsungkan dengan keceriaan.

"Jadi tidak ada lagi bentak membentak, tidak ada lagi hukuman, kita buat senang-senang aja," papar Joni.

Para mahasiswa baru, lanjut dia, pada kegiatan yang berlangsung selama 4 hari ini tidak hanya sosialisasi pengenalan kampus, tapi juga proses pembelajaran atau perkuliahan.

"Termasuk juga mengenal prosedur bagaimana meminjam atau mempergunakan aset milik kampus," tuturnya.

Banyak lagi yang harus diketahui para mahasiswa baru pada kampus ini, sehingga mereka betul-betul memahami dan bisa dengan nyaman berkuliah di kampus ini hingga selesai.

Menurut Joni, Poliban sebagai kampus vokasi untuk menciptakan SDM berkualitas dan siap kerja di dunia industri memiliki sebanyak 21 program studi, yakni, satu Prodi D2, 11 Prodi D3 dan 9 Prodi D4 atau sarjana terapan.
 

Saat kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Poliban di kampus Poliban, Senin,(Antara/Sukarli)

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022