Bupati Tanah Bumbu, H. M Zairullah Azhar menegaskan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 di "Bumi Bersujud" sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat.

"Terimakasih atas kerjasama yang dilakukan TNI AD bersama pemerintah daerah, semoga program ini terus berjalan," kata Zairullah di Batulicin Kamis.

Ia mengatakan, program TMMD difokuskan pada pembangunan infrastruktur, peningkatan pengetahuan SDM tentang wawasan kebangsaan, keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), penyuluhan narkoba, stunting, dan lainnya.

Pemerintah daerah akan selalu mendukung program TMMD dimana program ini manfaatnya sangat dirasakan masyarakat secara langsung.

Menurut dia, program TMMD sangat efektif dan pelaksanaannya lebih cepat dibandingkan dengan proyek pembangunan pada umumnya.

"Ke depan, program TMMD diarahkan ke desa-desa yang ada di wilayah perbatasan kabupaten untuk membangun jalan dan membangun sarana ibadah," kata Bupati

Sementara itu, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito, didampingi Dandim 1022/Tanah Bumbu Letkol Inf Andin Hadi mengatakan hari ini Rabu (24/8) secara serentak dilaksanakan penutupan Program TMMD ke-114 yang dilaksanakan diseluruh Indonesia yang ada program TMMDnya.

Program TMMD di Tanah Bumbu dilaksanakan mulai 26 Juli–24 Agustus 2022 dengan dua sasaran yakni fisik dan non fisik.

Sasaran fisik berupa pengerasan jalan utama Desa Sumber Arum Kecamatan Satui sepanjang lima km dengan lebar lima meter, pembuatan jembatan beton sebanyak dua unit, rehab mushola satu unit, dan rehab rumah warga sebanyak dua unit.  

Sasaran non fisik yakni bhakti sosial berupa pelayanan KB Kesehatan, pengobatan gratis, penyuluhan wawasan kebangsaan, karhutla, pertanian, peternakan, kamtibmas, narkoba, pencegahan stunting, dan sosialisasi disiplin protokol kesehatan COVID-19 serta sosialisasi rekrutmen TNI.

Terkait program TMMD, Danrem mengatakan dukungan Bupati Tanah Bumbu H. M Zairullah Azhar sangat luar biasa utamanya dalam hal anggaran guna mensukseskan program percepatan pembangunan di "Bumi Bersujud".

"Sangat luar biasa sinergi Bupati dan Forkopimda Tanah Bumbu dalam rangka mendukung program TMMD untuk mensejahterakan masyarakat," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022