Puncak Peringatan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) ditandai upacara pengibaran bendera Merah Putih di Lapangan Pahlwan Amuntai, Rabu (17/8/2022) pagi.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati HSU, Husairi Abdi menjadi inspektur upacara, yang memimpin upacara memperingati kemerdekaan Republik Indonesia tersebut.

"Kita resapi makna kemerdekaan untuk meningkatkan patriotisme dan cinta tanah air sebagai modal membangun banua, bangsa dan negara," ujar Husairi di sela peringatan.
 
Peserta upacara terdiri atas TNI, Polri, ASN, pelajar, mahasiswa dan lainnya mengikuti dengan hikmat Upacara Peringatan Detik detik Proklamasi Kemerdekaan di Lapangan Pahlawan Amuntai, Rabu (17/8/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini mengusung tema "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat" .

Pada prosesi upacara, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) HSU Almien Ashar Safari membacakan naskah proklamasi.

Usai pembacaan naskah proklamasi, Basuki Rahman dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)  HSU membacakan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Kemudian Kepala Kantor Kementerian Agama HSU, Ahmad Rusyadi memandu pembacaan doa.
 
Pasukan pengibar bendera Merah Putih menjalankan tugasnya pada upacara peringatan detik detik Proklamasi Kemerdekaan di Lapangan Pahlawan Amuntai, Rabu (17/8/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Adapun tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang bertugas pada Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih ke-77 di HSU merupakan perwakilan dari SMA/SMK sederajat se-HSU dengan total 40 orang.

Dela dari MAN 2 HSU, anak dari pasangan H. Pahriadi dan Hj. Isnaniah, terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih.

Selain Dela, tiga anggota Paskibraka lainnya dari kelompok delapan bertugas mengibarkan bendera adalah Ahmad Barry Mahardika sebagai Komandan Dampok 8, Rifky Mardani sebagai penggerek bendera dan Muhammad Irfan Az Zakiy sebagai pembentang bendera.
Para pejabat pemerintah daerah dan pimpinan organisasi wanita, organisasi pemuda, masyarakat berada di podium lapangan Pahlawan Amuntai pada Upacara Peringatan detik detik Proklamasi Kemerdekaan, Rabu (17/8/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Kapten Armed Supiyandi didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI. Dia saat ini menjabat sebagai Pasi Ops Kodim 1001/AMT-BLG.

Turut hadir dalam pelaksanaan peringatan tersebut unsur Forkopimda, Kepala SKPD HSU dan peserta dari perwakilan setiap instansi. Upacara berlangsung dengan khidmat.

Usai upacara di Lapangan Pahlawan Amuntai, seluruh pejabat Forkopimda secara  online mengikuti prosesi peringatan Detik-detik Proklamasi tahun 2022 di Istana Merdeka, Jakarta.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022