Pengunjung Pasar Ramadhan 1432 H di  halaman Masjid Sabilal Muhtadin Jalan Sudirman Banjarmasin, Kalimantan Selatan, setiap hari disuguhi hiburan diselingi dakwah oleh Group Musik Al Qaramah dengan vokalis Ustadz Said Saefuddin Abdullah dikenal sebagai duplikat Rhoma Irama dari Banjarmasin.


Pimpinan Group Al Qaramah, Hasan Basri, Rabu, mengatakan selama bulan Ramadhan dapat pekerjaan dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pemkot Banjarmasin untuk menghibur para pengunjung pasar kue Ramadhan dengan lagu-lagu bernada Islami dan diselingi dengan dakwah.

"Untuk vokal sekaligus pendakwahnya kami tampilkan Ustadz Said Saefuddin Abdullah karena penampilan serta suaranya seperti Bang Haji Rhoma Irama, cocok sekali dengan suasana puasa ini", kata pria yang akrab dipanggil Hasan itu.

Bahkan, tambah Hasan, warga Banjarmasin mengenal ustadz yang juga pemilik Pesantren Al Ajiziyah Banjarmasin tersebut sebagai "Rhoma Irama" nya Banjarmasin karena suara waktu bernyanyi dan berdakwah pun persis dengan Rhoma Irama si Raja Dangdut pimpinan Soneta Group.

"Baiklah sebelum saya menyampaikan tausiah hari ini, saya coba dulu dengan sebuah lagu, supaya cuaca yang panas ini jadi sejuk," kata Ustadz Said panggilan akrabnya.

Dakwah yang saya sampaikan, lanjut Said, adalah selalu berkaitan dengan isi lagu religi karena temannya nada dan dakwah apalagi saat ini kita sedang puasa Ramadhan, dengan pakaian serba putih dengan aksesori sorban warna abu-abu.

Darman, seorang pembawa acara hiburan di salah satu televisi swasta lokal di Banjarmasin yang jadi MC hari itu menyampaikan selain Ustadz Said Saefuddin, pengunjung juga akan dihibur oleh artis-artis dari Group Al Qaramah untuk menghibur warga sambil berbelanja takjil untuk keperluan berbuka puasa  

Dari pantauan penampilan grup musik di tengah-tengah barisan stan pasar khas Ramadhan tersebut cukup membuat pengunjung terhibur hingga sebagian warga sengaja berhenti dan berkumpul di sekitar panggung milik Disparbudpora Banjarmasin tersebut.

Sebelumnya pasar khas Ramadhan tersebut telah dibuka oleh Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin, didampingi Wakil Walikota H Irwan Ansari dan anggota Komisi III DPR RI Aditya Mufti Ariffin.

Pemerintah Kota Banjarmasin menyediakan 140 stand bagi pedagang dan mengelola 70 PKL di arena tempat berjualan aneka kuliner khas Banjar setiap bulan puasa  atau "Cake Fair Ramadhan" sebagai event pariwisata kuliner tahunan.

Setiap harinya ratusan pengunjung warga sekitar Banjarmasin serta beberapa turis mancanegara datang untuk melihat atau sekadar hanya jalan-jalan menghabiskan waktu untuk menanti waktu berbuka puasa./asm/B

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011