Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, mengapresiasi  Program Tahfidz Al Quran yang dilaksanakan oleh SMK Negeri 3 Banjarmasin, Rabu (3/8).

Apresiasi itu disampaikan Gubernur Kalsel, yang biasa disapa Paman Birin, melalui Staf Ahli Gubernur Kalsel Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, H Sulkan, saat launching Program Tahfidz SMKN 3 Banjarmasin angkatan ke-3 tahun pelajaran 2022/2023 di halaman Mesjid El Rusydi, sekolah setempat.

Menurut Paman Birin, program tahfiz tersebut patut dicontoh sekolah-sekolah lain, agar lulusan SMK menjadi tenaga profesional dan terampil, juga mampu membaca serta mengamalkan kandungan isi Al Quran dalam kehidupan mereka sehari-hari.

"Program semacam ini patut diapresiasi dan kita dukung agar ke depan dapat terus terlaksana," ujarnya.

Hadir, pada kegiatan itu Ketua Dewan Mesjid Indonesia Kalsel sekaligus penyantun Mesjid Elrusdi, Gusti H Rusdi Effendi dan H Anwar Hadimi.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sulkan, Paman Birin juga memberikan apresiasi yang besar kepada kepala sekolah dan jajaran di SMK Negeri 3 Banjarmasin, yang selama ini aktif memajukan dunia pendidikan di Kalsel dengan tujuan akhir meningkatkan sumber daya manusia.

Dikatakan, lulusan SMK dituntut  mampu menjawab persaingan dunia kerja dengan modal keterampilan dan siap berkompetisi di semua bidang.

Namun demikian, juga harus diimbangi dengan pendidikan keagamaan sebagai bekal mereka pada fase berikutnya.
Launching Program Tahfidz SMKN 3 Banjarmasin angkatan ke 3 tahun pelajaran 2022/2023. (Antara/HO-Istimewa)

Kepala SMKN 3 Banjarmasin Muhammad Ali Muksin mengatakan program tahfidz yang diinisiasi sejak 2022 ini menargetkan hafalan bagi siswanya minimal satu semester satu juz.

Yang menggembirakan, ujarnya, sebagian siswa mencapai lebih baik yakni 14 juz. Bahkan ia menilai, siswa angkatan ke 3 yang berjumlah 51 siswa  ini ada yang berpotensi hafal Alquran 30 juz.

Makin banyaknya siswa yang ikut dalam program ini membuat pihaknya kian optimistis untuk melakukan upaya yang lebih baik lagi dan penguatan waktu untuk anak didik.

"Mudah-mudahan bisa dengan sistem pondok atau boarding school," ujar Ali.

Ia pun berharap, program ini akan mewarnai elemen kegiatan lain di SMK 3 Banjarmasin yang pada gilirannya menghasilkan siswa yang berakhlak karimah
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022