Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kota Banjarmasin salah satu kabupaten/kota di Kalimantan Selatan yang menerima penghargaan laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LHE AKIP) untuk tahun 2015 dengan predikat “B” (Baik) yang diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi kepada Penjabat Wali Kota Banjarmasin H.M Thamrin di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Bandung, Jawa Barat, Jumat 12 februari 2016,.
    

Rilis Humas Pemko Banjarmasin menyebutkan pemberian penghargaan itu merupakan bagian dari penilaian LHE AKIP kepada 156 pemerintah kabupaten/kota di wilayah provinsi Jateng, Jabar, Banten, Kalimantan, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Menurut Thamrin penghargaan ini merupakan apresiasi kepada pemerintah kabupaten/kota yang memiliki komitmen untuk melakukan perubahan dalam memperbaiki tata kelola pemerintahannya.

Pelaksanaan evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah telah diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya. sesuai  dan sejalan UU No 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara, UU No 1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, UU No 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Nasional, dan Peraturan Pemerintah Lainnya.

Tentunya hal tersebut sangat membanggakan bagi kota banjarmasin serta menambah satu lagi catatan prestasi bagi pemerintah kota Banjarmasin.

Thamrim menambahkan penilaian LHE AKIP dari Kemenpan-RB ini berkat upaya seluruh pejabat pemerintah kota Banjarmasin. salah satu upaya tersebut juga menghasilkan penghargaan serupa yakni pengakuan dari pemerintah pusat maupun lembaga swasta seperti lembaga Transparency International Indonesia (TII)  sebagai  kota dengan nilai tertinggi dari 11 kota yang di survei, dengan nilai 68 point yang bermakna “paling sedikit suap” yang di terima pada penghujung tahun lalu.

Sebelum di Jawa Barat, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah menyerahkan LHE AKIP kepada pemerintah kota/kabupaten.

Penyerahan laporan dilakukan di empat tempat yang berbeda.yakni 40 laporan diserahkan di Denpasar, Provinsi Bali, 157 laporan diserahkan di Yogyakarta, dan 113 laporan di Surabaya.

kemudian ditambahkan penyerahan penghargaan kali ini sehingga total penghargaan LHE AKIP untuk tahun 2015 telah diserahkan oleh Kemenpan-RB sebanyak 466 pemerintah kabupaten/kota.Dalam pelaksanaannya, evaluasi dilakukan dengan melibatkan BPKP, Kemendagri Inspektorat Instansi./f

Pewarta: Asmuni

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016