Banjarmasin, (Antaranews Kalsel ) - Bank Kalsel bakal segera membangunkan rumah baca di SDN Karang Mekar I Banjarmasin sebagai bentuk kepedulian Bank Orangnya orang Banua tersebut terhadap perkembangan pendidikan.
     
Bagian Perencanaan Bank Kalsel Izhar mengatakan, rumah baca seluas 3X5 meter tersebut, akan dibangun semi terbuka dan menyatu dengan teras sekolah, sehingga memberikan suasana yang lebih segera bagi para siswa.
     
"Kalau biasanya rumah baca tersebut dibangun dengan tertutup, rumah baca bagi siswa SDN Karang Mekar 1 ini dibangun semi terbuka sehingga menyatu di antara pepohonan halaman sekolah," katanya.
    
Rumah baca tersebut, kata dia, juga akan memiliki kisi-kisi yang akan mengantar udara segar masuk kedalamnya.
     
"Rumah baca yang bisa dimanfaat pada Maret 2016 tersebut merupakan program CSR Bank Kalsel dalam menunjang pendidikan," kata Izhar,     

Kepala SDN Karang Mekar 1 Mulkini mengatakan, rumah baca dengan model seperti ini akan mampu mempertajam motivasi dan minat baca siswa terhadap buku-buku perpustakaan yang disediakan.
    
Bukan hanya bangunan dan perlengakapan perpustakaan baru, Bank Kalsel juga akan menambah koleksi buku baru bagi sekolah ini.
    
"Sebelumnya kami sudah memiliki perpustakaan sekolah, namun letaknya yang sangat terbelakang dan ruangan penuh dengan buku sehingga mengurangi minat siswa berkunjung," kata Mulkini yang menyampaikan terima kasihnya atas perhatian Bank Kalsel.
     
Koleksi perpustakaan sekolah ini sendiri mencapai 1.763 buku pengetahuan umum, 604 buku pelajaran penunjang, 556 buku referensi dan 40 set alat peraga pendidikan.
    
Upaya meningkatkan minat baca siswa juga di lakukan sekolah dengan mendukung program pemerintah tentang 15 menit mambaca.
     
Dimana selama 15 menit sebelum memulai pelajaran seluruh siswa di haruskan membaca buku di perpustakaan yang telah disediakan di sudut kelasnya masing-masing.
    
Buku-buku yang disediakan, merupakan buku untuk menunjang pembentukan karakter dan menambah pengetahuan siswa.

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Herry Murdy Hernawam


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016