Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Kalsel, membangun poliklinik terapung untuk masyarakat yang ada di pesisir Sungai Martapura maupun Sungai Barito di kota setempat.


"Poliklinik terapung ini merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh Ditpolair Polda Kalsel," ucap Kabaharkam Mabes Polri Komjen Pol Putut Eko Bayu Seno di Banjarmasin, Rabu.

Ia mengatakan, terobosan baru poliklinik terapung itu pertama kali di Indonesia dan ke depannya bisa menjadi contoh bagi lainnya.

Pembangunan sarana kesehatan itu sebagai wujub bahwa Polri peduli kepada masyarakat terutama dalam bidang kesehatan.

Selain itu dalam poliklinik terapung selain untuk masyarakat umum juga bisa bagi para peserta Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS).

"Tujuan pembangunan poliklinik terapung itu nantinya mampu melayani masyarakat yang bermukim di pesisir sungai," tuturnya usai meresmikan poliklinik tersebut.

Dikatakannya, meskipun pembangunannya tidak terlalu besar dan berada di pinggir sungai namun fasilitas di dalamnya lengkap.

Untuk fasilitas yang diberikan dalam poliklinik terapung itu di antaranya fasilitas yang disediakan cukup lengkap. Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruang poli umum, ruang poli gigi serta ada pula ruang untuk rawat inap.

Selain itu disetiap ruang poli yang ada di bangunan tersebut disediakan dokter yang akan memberikan pelayanan kesehatan.

"Poliklinik terapung itu dilengkapi juga sarana ambulance air, sehingga masyarakat di pesisir sungai bisa kita layani," ujarnya.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016