Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindkop) Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, selama 2015 memperoleh empat penghargaan, tingkat provinsi dan nasional.

Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Tanah Bumbu, Pahrurraji, di Batulicin, Rabu mengatakan, keberhasilan untuk meraih berbagai penghargaan di bidang UKM dan Koperasi tersebut tidak terlepas dari kerja keras, serta dukungan dari berbagai pihak pelaku UKM dan Koperasi.

"Penghargaan diraih dua koperasi dengan berpredikat Koperasi Beprestasi Tingkat Propinsi Kalimantan Selatan, yakni, Kopdit Satui Mandiri, dan Kopdit Sumber Rezeki," katanya.

Sementara itu, jumlah Koperasi di Kabupaten Tanah Bumbu hingga 2015 sebanyak 337 koperasi.

Dari jumlah tersebut, koperasi yang aktif sebanyak 292, dan 45 koperasi tidak aktif. Sedangkan koperasi yang baru tumbuh pada 2015 sebanyak 28 koperasi, dan koperasi usaha simpan pinjam sebanyak 25 koperasi.

"Berbagai upaya telah dilakukan oleh Disperindagkop agar koperasi dan UKM di Tanah Bumbu mampu bersaing dengan daerah lain untuk menjadi koperasi yang berkualitas, berprestasi dan tangguh," ujarnya.

Langkah-langkah yang telah dilakukan seperti, melakukan pembinaan kepada koperasi yang hampir tidak aktif dan membubarkan koperasi yang sudah benar-benar tidak aktif lagi.

Pelatihan administrasi perkoperasian, sosialisasi undang-undang perkoperasian dan peraturan-peraturan lainnya yang berkenaan dengan kelembagaan perkoperasian serta melakukan monitoring, evaluasi, pelaporan perkembangan pertumbuhan koperasi yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

"Kami berharap, dengan pelatihan ini dapat menciptakan peluang usaha baru bagi pelaku usaha, mempermudah proses penerbitan ijin usaha mikro kecil kepada pelaku UKM agar memiliki legalitas yang diakui perbankan, menyelenggarakan promosi produk usaha mikro dan kecil," paparnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016