Kotabaru (Antaranews Kalsel) - DPRD Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menyambut baik rencana program transmigrasi nelayan oleh pemerintah pusat dan provinsi di daerah berjuluk `Bumi Saijaan`.


Ketua Komisi I DPRD Kotabaru Edriansyah, di Kotabaru, Selasa mengatakan, Kotaaru merupakan daerah maritim yang sangat tepat dan relevan sebagai daerah tujuan dalam program tranmigrasi nelayan, karena memiliki potensi wilayah kelautan yang sangat luas.

"Kami sangat antusias adanya program transmigrasi nelayan ini, karena sangat sesuai dengan potensi dan sumber daya alam Kotabaru, sehingga hal ini dapat mempercepat pembangunan dan pengembangan daerah," kata Edriansyah.

Dijelaskannya, dalam program transmigrasi saat ini ada tiga pola yang akan diterapkan yakni, transmigran swadaya mandiri yakni atas kemauan sendiri, transmigran lokal yaitu memberikan kesempatan kepada masyarakat setempat dan pugar yakni pemugaran pada satu tempat untuk dijadikan sebagai kawasan pemukiman transmigrasi.

Terlepas dari apapun pola yang digunakan dalam program tramigrasi nelayan yang akan dilaksanakan 2016 ini, politisi Partai Hanura ini berharap agar koordinasi antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten dilakukan secara intens.

Baik menyangkut dari mana asal daerah yang diusulkan daerah tujuan, hingga pelibatan masyarakat setempat yang bisa dimasukkan dalam program ini atau yang dikenal dengan transmigrasi lokal.

Sementara ditanya daerah mana di Kabupaten Kotabaru yang akan dijadikan daerah tujuan transmigrasi nelayan, Edriansyah belum bisa memastikan karena hal itu harus dilakukan kajian yang matang dan dinas Transmigrasi yang menjadi leading sector.

Oleh karenanya, sehubungan dengan informasi dan masukan yang diterima dari kunjungan kerja di Dinas Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan ini, ia mengaku akan segera menindak lanjuti dengan mengundang beberapa pihak terkait para pemangku kepentingan (stakeholder) untuk membahasnya.

"Kami mendorong kepada eksekutif khususnya Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi Kotabaru segera melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, salah satunya segera mem follow-up hal ini ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi," katanya.

Hal ini sangat penting bagi Kotabaru, karena lanjut dia, mengingat masih luasnya daerah-daerah yang belum maksimal tergarap karena relatifnya rendahnya populasi penduduk yang belum sebanding dengan luas wilayah, jika dibanding dengan daerah lain yang wilayahnya tidak terlalu luas tapi berpenduduk padat.

Tujuan utama dari penyegaraan program transmigrasi nelayan ini adalah, percepatan pembangunan Kotabaru yang begitu besar potensi sumber daya alamnya, sehingga pengembangan bisa merata di penujuru daerah kecamatan hingga pedesaan.

Akhirnya pembangunan tidak hanya terfokus di pusat ibu kota kabupaten atau ibu kota kecamatan, tapi dengan tersebarnya penduduk di daerah-daerah, maka pengembangan juga bisa merata ke daerah baru tersebut.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016