Martapura, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar sangat mengapresiasi keberadaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) karena dapat mempercepat pembangunan parwisata yang terbentuk atas inisiatif Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Banjar bersama masyarakat sekitar destinasi wisata.

 
Sebagai bentuk apresiasi tersebut, Selasa (9/2) kemarin di Aula Disbudparora Martapura Kabupaten Banjar, Penjabat Bupati Banjar H.Rachmadi Kurdi yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar H.Nasrunsyah mengukuhkan 10 Kelompok Sadar Wisata yang berjumlah kurang lebih 30 orang. Mereka terdiri dari berbagai kecamatan yang memiliki potensi wisata.
 
“Atas nama Pemerintah Kabupaten Banjar saya sangat mengapresiasi dan bangga sekali dengan adanya Kelompok Sadar Wisata,  yang mana merupakan pelopor serta motivator bagi masyarakat agar sadar dan dapat mengelola akan potensi-potensi wisata yang terdapat didaerah masing-masing ”, ungkap H Nasrunsyah.
 
H Nasrunsyah dalam sambutannya menuturkan, masyarakat patut berbangga karena dari dua kabupaten di Kalimantan Selatan, Kabupaten Banjar menjadi salah satu Destinasi Wisata Nasional yang tertuang pada PP No.50 Tahun 2011.  Karena selain daerah yang terkenal dengan kota Intan, disebutkan Kabupaten Banjar juga memiliki berbagai potensi wisata alam seperti Pasar Terapung, Bukit Batas, Danau Biru dan lain-lain yang harus terus ditingkatkan dan dikembangkan oleh masyarakat sekitar.
 
Nasrun menekankan hal ini guna mendongkrak perekonomian masyarakat itu sendiri, dengan memberi kesan dan juga pengalaman menarik bagi wisatawan, agar mereka terus ingin berkunjung ke Kabupaten Banjar.
 
“ Dengan dikukuhkan Kelompok Sadar Wisata ini kita bersama-sama terus berbenah dalam mengembangkan potensi wisata, terutama mengenai peningkatan sarana dan prasarana wisata dan juga pelayanan”, tuturnya.
 
Diakhir sambutannya H Nasrunsyah juga berharap, agar para Pokjarwis yang telah dikukuhkan dapat terus bekerja sama guna mendorong kemajuan pariwisata di Kabupaten Banjar khususnya dengan memberikan berbagai terobosan dan inovasi.
 
Selain itu pada kegiatan ini Kepala Disbudparpora Kabupaten Banjar H Abdul Ghani Fauzi dalam sambutannya juga menjelaskan maksud dan tujuan dibentuknya masyarakat sadar wisata ini, agar meningkatkan pemahaman kepariwisataan, meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan pariwisata, meningkatkan nilai manfaat kepariwisataan bagi masyarakat serta mensukseskan pembangunan kepariwisataan.
 
“ Sadar Wisata merupakan suatu kondisi yang menggambarkan partisipasi dan dukungan segenap komponen masyarakat dalam mendorong terwujudnya ikilim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan daerah” tandas H Abdul Ghani Fauzi.
 
Pada kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Pejabat Disbudparpora Provinsi Kalimantan Selatan,  Direktur PD Pasar Bauntung Batuah, Pangeran Merdekansyah, serta puluhan masyarakat yang tergabung dalam Pokjarwis. (Reza/Asep/f)

Pewarta: Asmuni

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016